Apa Yang Dimaksud Dengan Permainan Sepak Bola Yuk Simak!

Apa Yang Dimaksud Dengan

Kalian sudah tahu kan apa itu sepak bola, mana mungkin tidak ada yang tahu tentang olahraga yang paling diminati di seluruh penjuru dunia ini. Tapi pernah ga sih kalian mencari tahu tentang sejarah dan keseluruhan tentang apa yang dimaksud dengan permainan sepak bola ini. Maka dari itu tugas saya disini ingin memberitahu banyak ke kalian apa itu sepak bola dari mulai sejarah dan semua yang perhubungan dengan sepak bola. Yuk mari kita simak bersama – sama apa yang dimaksud dengan permainan sepak bola.

Sejarah Sepak Bola

Apa yang dimaksud dengan permainan sepak bola kita mulai dengan pembahsan sejarah olahraga sepak bola (shooting game / dribble) diakui dari SM abad kedua dan ketiga di Cina. Selama Dinasti Han, pada waktu itu masyarakat menendang kulit dengan jaringan kecil. Sebuah permainan yang sama dimainkan di Jepang sebagai Kemari. Di Italia, menendang permainan dan membawa bola juga populer, terutama awal abad ke-16.

Sepak bola modern mulai dikembangkan di Inggris dengan mendirikan aturan dan menjadi sangat populer di kalangan banyak orang. Dalam beberapa ajang kejuaraaan, permainan ini mengakibatkan banyak kekerasan selama pertandingan berlangsung dan akhirnya Raja Edward III melarang sepak bola dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan bermain sepak bola.

Pada tahun 1815, salah satu penyebab utama perkembangan sepak bola menjadi populer di perguruan tinggi dan lingkungan sekolah. Kelahiran sepak bola modern datang pada Freemason Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub bertemu dan merumuskan aturan baku untuk permainan sepak bola.

Seiring dengan itu, ada pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (sepak bola). Pada tahun 1869, ia mengambil bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, Sepak bola tersebut dimainkan oleh pelaut, pedagang dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.

Pada tahun 1904, asosiasi sepak bola dunia tertinggi (FIFA) dibentuk dan pada tahun 1900, beberapa kompetisi dimainkan di berbagai negara. Olahraga ini juga sangat populer, terutama awal abad ke-16.

Posisi Pemain

Apa Yang Dimaksud Dengan

Permainan sepak bola terdiri dari Sebelas pemain inti dan yang lainnya berupa cadangan. Sebelas pemain ini yaitu :

1. Penjaga Gawang / Kiper

Apa yang dimaksud dengan penjaga gawang atau kiper yaitu pemain yang bebas menggunakan seluruh anggota tubuhnya untuk menghadang, menangkap dan menghalau bola masuk ke gawang tim sendiri dari serangan tim lawan umumnya seragram penjaga gawang atau kiper berbeda dengan pemain lainnya sebagai pembeda.

2.  Pemain Bertahan / Back

Pemain bertahan biasanya berada di belakang garis pertahanan untuk membantu penjaga gawang dalam menghalau atau menghadang serangan lawan yang membahayakan gawang tim sendri biasanya terbagi menjadi 3 back tengah, back samping kanan dan back samping kiri.

3. Pemain Tengah / Gelandang Tengah / Playmaker

Biasanya pemain ini berada di posisi tengah lapangan antara pemain bertahan dan pemain penyerangan, pemain ini bertugas untuk mengatur tempo permainan dan sebagai pembagi bola dari belakang ke depan untuk mengatur penyerangan.

4. Pemain Sayap Kiri dan Kanan / Winger

Pemain ini bertugas sebagai pembawa bola untuk melakukan variasi penyerangan untuk membingungkan pemain lawan dalam melakukan bertahanan.

5. Penyerang / Striker

Apa yang dimaksud dengan Penyerang adalah bertugas sebagai finishing untuk memasukan bola ke gawang lawan biasanya penyerang menunggu bola yang dikirim kan dari pemain tengah dan sayap.

6. Kapten Tim

Apa yang dimaksud dengan Kapten tim adalah seorang yang dipilih untuk dapat memimpin dan mengatur para pemain kawan supaya dapat bermain kompak dan bisa memenankan pertandingan. Kapten tim biasanya ditandai dengan memakai atribut ban atau armband yang melingkar di lengan atas.

Lapangan Sepak Bola

Apa Yang Dimaksud Dengan

Dalam aturan internasional lapangan sepak bola dewasa yang digunakan memiliki panjang sekita 100 – 120 meter dan lebar antara 65 – 75 meter.

Dibagian tengah ujung lapangan , terdapat area gawang yang memiliki bentuk persegi panjang denga ukuran lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter, di depan gawang terdapat area pinalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Dia area ini kiper dapat bebas menangkap bola dengan menggunakan tangan.

Lama Pertandingan

Lama waktu pertandingan sepak bola normal adalah 2 x 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di babak kedua.

Jika posisi yang sama imbang, waktu ekstra kemudian ditahan selama 2 x 15 menit untuk mendapatkan pemenang, tetapi jika tetap kuat setelah hukuman.

Wasit dapat menentukan jumlah waktu tambahan untuk akhir setiap putaran bukan waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan bantuan atau penghentian lainnya. Waktu tambahan dikenal sebagai perpanjangan waktu atau injury time.

Gol yang dicetak pada perpanjangan waktu akan dihitung pada skor akhir pertandingan, sedangkan gol dari penalti hanya menentukan apakah sebuah tim bisa pergi ke pertandingan berikutnya atau tidak (tidak mempengaruhi skor akhir).

Pada akhir tahun 1990, Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB), membentuk sistem Golden Goal (gol emas) atau perak gol (gol perak) untuk menyelesaikan permainan.

Dalam sistem gol emas, tim pertama yang mencetak gol di waktu tambahan berlangsung akan menjadi pemenang, sedangkan gol perak, tim yang mengarah ke akhir babak perpanjangan waktu pertama akan keluar sebagai pemenang. Kedua sistem tersebut tidak lagi digunakan oleh IFAB

Pelanggaran

Apa Yang Dimaksud Dengan

Jika pemain melanggar cukup keras maka wasit dapat memberikan peringatan dengan kartu kuning atau merah langsung. Permainan dihentikan sejenak dan wasit memberikan kartu untuk pemain berikutnya yang melanggar kemudian menulis namanya dalam buku.

Apa yang dimaksud dengan kartu kuning sebagai tanda peringatan untuk pelanggaran pemain seperti tindakan kurang sportif, melakukan pelanggarang terus – menerus, pelanggaran terhadap lawan atau melanggar peraturan yang ada dalam pertandingan, menunda memulai kembali pertandingan dan keluar dari permainan tanpa persetujuan dari wasit, atau menjaga jarak dari pemain lawan mereka melakukan tendangan bebas atau lemparan ke dalam.

Pemain yang menerima dua kartu kuning menerima kartu merah dan keluar dari pertandingan.

Kartu Merah
Pemain yang menerima kartu merah harus keluar dari pertandingan tanpa bisa digantikan oleh pemain lain. Beberapa contoh tindakan yang dapat menunjukkan kartu merah adalah pelanggaran serius terhadap kerusakan atau cedera serius pada lawan, meludah, kekerasan, mengganggu lawan yang mencoba untuk mencetak gol, ia menyentuh bola dengan tangannya untuk mencegah tujuan untuk semua pemain, kecuali kiper, dan menggunakan bahasa atau gerak tubuh yang cenderung tantangan, pemain yang berposisi sebagai bola kiper dengan tangan di luar kotak penalti.

Wasit Dan Panitia Pertandingan

Untuk terakhir apa yang dimaksud dengan permainan bola ditutup dengan wasit atau dalam pertandingan profesional, ada empat petugas yang membawa permainan, wasit, dua hakim garis dan seorang karyawan di tepi tengah lapangan dan wasit gawang di tepi gawang.

Wasit memiliki peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai bola. Ini memberlakukan sanksi dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di bidang juga disajikan.

Setiap hakim garis bertanggung jawab mengawasi setengah dari lapangan. Mereka membawa bendera dengan warna-warna cerah untuk menunjukkan pelanggaran, bola Kopral atau offside. Biasanya, mereka akan pindah ke posisi terakhir pertahanan.

Petugas terakhir yang diperlukan untuk mendaftar semua waktu yang telah ditangkap selama pertandingan dan memberi informasi tentang waktu ekstra untuk akhir setiap putaran.

Petugas ini juga bertanggung jawab untuk memeriksa dan substitusi menjadi penghubung antara manajer tim dengan wasit. Dalam beberapa permainan, penggunaan teknologi video atau menggunakan orang kelima untuk menentukan ketepatan keputusan wasit mulai digunakan. Misalnya, mereka menentukan apakah bola telah melewati garis atau jika seorang pemain dalam offside ketika mencetak gol.

Cukup banyak kan informasi yang baru anda tahu tentang sepak bola semoga dapat menambah wawasan anda dalam mengenal apa itu sepak bola dan ketikan anda bermain sepak bola anda akan lebih mengerti lagi peraturan dan cara bermain bola yang baik dan benar.

Sekian artikel apa yang dimaksud dengan permainan sepak bola yang saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda pencinta olahraga.  .  Salam Olahraga.