Bagaimana Cara Memainkan Pianika Yang Baik Dan Benar

Alat musik di Indonesia cukup banyak macamnya. Alat musik modern saat ini sudah menjiwai para anak-anak muda. Tidak jarang anak SD yang masih kecil-kecil pun sudah bisa beramain alat musik seperti gitar, drum, pianika, piano, dan lain sebagainya. Contohnya alat musik yang modern yang menjadi alat musik pengganti piano adalah alat musik pianika. Pianika nama kerennya disebut juga melodika, Alat musik pianika merupakan alat musik tiup kecil yang cara memainkannya dengan cara meniup langsung atau menggunakan pipa lentur yang dihubungkan ke mulut. Namun banyak yang masih kebingungan bagaimana cara memainkan pianika yang baik dan benar. Yuk kita bahas bersama pada artikel kali ini.

Bagaimana Cara Memainkan Pianika

Pianika itu sama dengan piano, baik yang klasik maupun elektrik. Namun, bedanya pianika harus ditiup dulu dalam memainkannya. Tidak ada tiupan maka tidak ada juga nada yang keluar walau tutsnya kita tekan. Dan juga jumlah tuts yang ada di pianika lebih sedikit, jika di bandingkan dengan piano.

Alat musik pianika mudah sekali untuk dipelajari. Namun memang membutuhkan ketelatenan dan napas yang kuat. Alat musik pianika ini sering menjadi alat musik wajib di sekolah-sekolah. Dalam permainan musik pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok dan kontra melodi serta bisa juga untuk mengiringi lagu. Kegunaan tuts pianika yaitu tuts putih digunakan untuk memainkan nada-nada pokok/ asli dan tuts yang hitam digunakan untuk memainkan nada-nada kromatis.

Pianika tergolong alat musik tiup. Dalam bermain musik pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, bila memungkinkan dapat juga untuk mengiringi lagu. Kegunaan tuts pianika:

  1. Tuts putih berfungsi untuk memainkan nada-nada pokok/asli.
  2. Tuts hitam berfungsi untuk memainkan nada-nada kromatis.

Dalam memainkan alat musik pianika, tangan kiri memegang pianika dan tangan kanan menekan untuk memainkan melodi lagu, sedangkan mulut meniupnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bermain alat musik pianika adalah:

  • Memainkan dengan lima jari, setiap jari mempunyai tugas untuk menekan tuts-tuts tertentu.
  • Cara meniup diusahakan halus dan rata.
  • Bentuk tangan kanan seperti memegang bola sehingga memungkinkan jari bergerak dengan leluasa.

Penjarian pada pianika biasannya menggunakan tangan kanan yang terdiri dari:

  • ibu jari sebagai jari nomor 1
  • jari telunjuk sebagai jari nomor 2
  • jari tengah sebagai jari nomor 3
  • jari manis sebagai jari nomor 4
  • jari kelingking sebagi jari nomor 5