Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Simak Manfaat Dan Efek Sampingnya!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian

Bolehkah ibu hamil makan durian?, Buah durian dapat dikatakan buah yang paling disukai dan populer di Asia Tenggara. Tekstur buah yang lembut, rasa manis dan aromanya yang tajam menjadikannya buah ini menjadi favorit bagi sebagian orang. Selain rasanya yang lezat, durian kaya akan nutrisi seperti asam folat, kalsium, serat, magnesium, niasin, thiamin, vitamin A, C, E dan nutrisi lainnya.

Meskipun buah durian lezat dan bergizi, wanita hamil mungkin merasa cemas akan bahayanya bagi kehamilan karena kandungan gulanya yang cenderung tinggi. Oleh karena itu, wanita hamil bisakah makan durian?

Bolehkah mengkonsumsi durian saat hamil?

Jangan khawatir, wanita hamil masih diperbolehkan makan durian. Kandungan nutrisi dalam buah durian juga sedikit banyak bermanfaat untuk wanita hamil. Asam folat durian mencegah cacat lahir pada bayi. Serat yang ditemukan dalam buah durian juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil yang berisiko sembelit.

Tidak hanya itu, durian juga memiliki anti bakteri, anti-jamur dan anti-mikroba, sehingga masih aman untuk dimakan selama kehamilan. Kandungan antioksidan dalam  durian dapat melindungi wanita hamil  terhadap radikal bebas dan polusi. Meskipun banyak manfaatnya, wanita hamil harus tetap mengontrol dalam mengkonsumsi durian.

Selama kehamilan, disarankan untuk ibu hamil tidak berlebihan dalam mengkonsumsi durian. Mengkonsumsi durian dalam jumlah yang banyak dapat beresiko  meningkatkan berat badan bayi. Ukuran bayi yang terlalu besar mengakibatkan ibu hamil lebih sulit dalam proses melahirkan. Hal ini karena durian memiliki jumlah kalori dan gula cukup tinggi. Biasanya, kenaikan berat badan selama kehamilan berkisar 12-16 kilogram.

Durian boleh dikonsumsi selama kehamilan selama masih dalam porsi yang wajar.

Kiat makan durian saat kehamilan

Kiat-kiat khusus makan durian saat kehamilan agar aman bagi ibu dan janin. Makanlah  durian dalam jumlah yang tidak berlebihan yaitu tidak lebih dari 2 biji. Juga, hindari makan durian terlalu sering. Pilih durian yang tidak matang dan memiliki daging yang tebal. Durian yang terlalu tebal dan matang dapat meningkatkan kolesterol. Jangan lupa untuk minum banyak air setelah makan durian.

Wanita hamil yang menderita penyakit tertentu, seperti diabetes gestasional, memiliki riwayat keluarga diabetes, mengalami obesitas disarankan untuk tidak mengkonsumsi durian. Selain itu, wanita hamil di trimester ketiga tidak dianjurkan makan durian.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian

Bolehkah ibu hamil makan durian?

Di bawah ini adalah beberapa manfaat makan durian bagi wanita hamil:

1. Memberikan energi tambahan
Ibu hamil mungkin akan lebih mudah capek, terlebih jika masih harus menyelesaikan berbagai aktivitas dan pekerjaan. Ibu hamil bisa kok mencoba untuk makan durian, karena kandungan karbohidrat, gula, dan kalori dalam durian dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

2. Menambah asupan folat
Buah durian mengandung folat yang cukup tinggi. Nutrisi ini merupakan salah satu jenis nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan janin karena dapat menunjang pembentukan saraf, otak, dan tulang belakang janin, serta mencegah terjadinya cacat bawaan lahir pada bayi.Selain itu, folat juga aktif berperan dalam menghasilkan sel darah merah, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari anemia atau kurang darah.

3. Menjaga kolesterol tetap stabil
Sebagian orang sering beranggapan bahwa durian adalah buah yang penuh akan kandungan kolesterol. Padahal, anggapan ini salah. Meski mengandung lemak yang cukup tinggi, jenis lemak yang terdapat pada durian bukanlah kolesterol. Kolesterol hanya diperoleh dari lemak hewani, sehingga tidak terdapat pada lemak nabati yang salah satunya adalah durian. Selain itu, karena kandungan seratnya yang tinggi, durian justru dianggap dapat mencegah peningkatan kolesterol.

4. Menjaga kadar gula darah tetap stabil
Buah durian termasuk buah dengan indeks glikemik rendah. Ini artinya, buah durian tidak cepat meningkatkan kadar gula dalam darah. Para peneliti menduga, hal ini karena kandungan serat, lemak, kalium, dan antioksidan dalam durian yang tinggi.

Meski demikian, Bumil tetap perlu membatasi konsumsi durian agar tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan buah durian banyak mengandung gula dan karbohidrat. Ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum makan durian jika memiliki kondisi tertentu, seperti diabetes gestasional.

Selain itu, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil, Ibu hamil disarankan juga untuk menjalani pola makan bergizi seimbang.

Namun, buah durian mungkin perlu dihindari atau dikurangi konsumsinya jika ibu hamil memiliki kondisi tertentu, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, preeklamsia, atau obesitas. Buah durian juga perlu dihindari apabila membuat ibu hamil sering mual dan muntah atau memperparah morning sickness.

Jika Ibu hamil memiliki pertanyaan atau kekhawatiran seputar kehamilan atau masih ragu dengan efek makan durian saat hamil, jangan ragu untuk bertanya langsung kepada dokter kandungan. Karena kehamilan adalah salah satu anugerah terindah yang diberikan Tuhan, maka ibu hamil harus benar-benar menjaga pola makan dan kesehatan diri dan janinnya sampai dengan proses persalinan.