Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka ? Yuk Simak Penjelasanya !

Apakah Anda menyukai buah nangka? Kalau dilihat sepintas, nangka sama dengan durian dilihat dari penampilan luarnya. Aromanya yang menggugah selera selagi sedang ranum.

Saat nangka muda pun tak mengurangi kenikmatannya untuk dijadikan sayur. Namun, apakah aman bila dikonsumsi oleh ibu hamil ?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka ?

bolehkah ibu hamil makan nangka

Mungkin ini menjadi pertanyaan para ibu hamil apakah boleh konsumsi buah nangka selagi hamil ?. Sebenarnya, nangka dipercaya membawa banyak kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan.

Berdasarkan situs kesehatan Baby Center, makan nangka saat hamil tidak berpotensi membuat keguguran. Jadi, Anda tak perlu khawatir selagi terlanjur mengonsumsinya.

Buah nangka sebagai sumber vitamin A sangat berguna untuk mendukung produksi sel, membuat penglihatan bayi lebih baik, dan juga mendukung pertumbuhan janin selama kehamilan.

Selain itu, zat niacin (vitamin B3) di dalamnya juga mendukung mengatur hormon untuk menaikkan kekebalan, dan mengontrol tingkat stres.

Mitos Pantangan, Ibu Hamil Mengkonsumsi Buah Nangka

Pantangan makan ibu hamil ada banyak ? Mungkin benar demikian. Tapi, bukan artinya ibu hamil harus  membatasi apa saja yang dikonsumsi, termasuk saat sudah berurusan dengan buah-buahan. Ada mitos yang menyebut bahwa makan nangka selagi hamil berisiko membuat keguguran. Bahkan, tidak tersedia fakta ilmiah yang menunjukan mitos tersebut.

Sekali mitos, tetaplah mitos. Ibu hamil makan nangka sah-sah saja. Bukan berarti makan nangka selagi hamil membahayakan janin. Justru, ibu hamil makan nangka sanggup memberikan nutrisi bagi tubuh.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka ?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka ?

Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedsc dikutip dari verina.id, sampai saat ini belum tersedia penelitian ilmiah yang menjelaskan efek sampig dari konsumsi buah nangka terhadap ibu hamil. Meski demikian, langkah terbaik untuk memelihara kehamilan selalu sehat adalah dengan tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi buah nangka selagi hamil.

“Buah nangka memiliki kandungan gas, glukosa, kolesterol, dan alokohol. Berbagai kandungan selanjutnya sanggup membuat Ibu hamil terasa kembung, sehingga sanggup membuat kontraksi, lebih-lebih terhadap trimester pertama. Jika Anda ingini mengonsumsinya selagi hamil, sebaiknya dibatasi dan konsumsilan setelah makan,” jelasnya.

Kandungan nutrisi buah nangka

Buah nangka termasuk salah satu buah yang dapat menambah energi. Bagaimana tidak, di dalamnya tersedia 155 kalori. Tak hanya itu, nangka juga rendah kandungan lemak tak sehat, kolesterol, dan sodium.

Artinya, nutrisinya aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, didalam buah nangka terkandung folat, thiamine, niacin, riboflavin, vitamin C, dan vitamin A. Asupan mineral layaknya potasium, zat besi, kalsium.

Jika belum cukup, kandungan serat dalam buah nangka juga sangat penting untuk ibu hamil apalagi kaitannya dengan pencernaan. Jangan khawatir membuat gula darah dalam tubuh melonjak sebab buah nangka rendah akan gula.

bolehkah ibu hamil makan nangka

Dengan menyaksikan banyaknya nutrisi yang tersedia dalam buah nangka, maka patut dipertanyakan jikalau tersedia yang menyebut bahwa makan nangka selagi hamil berisiko membuat keguguran.

Hingga kini belum tersedia penelitian ilmiah yang tunjukkan bahwa nangka beresiko bagi ibu hamil. Selama ibu hamil makan nangka dalam porsi yang wajar, tidak tersedia hal yang perlu dikhawatirkan.Justru buah nangka memiliki kandungan banyak kegunaan bagi tubuh seperti:

1. Mencegah konstipasi

Ada kalanya ibu hamil terasa tidak nyaman terhadap pencernaan mereka dan mengalami konstipasi atau sembelit. Nah, konsumsi buah nangka dalam jumlah wajar sanggup mengatasi banyak masalah pencernaan. Namun hati-hati, Ibu hamil yang pencernaannya condong peka perlu  bijak konsumsi nangka dalam jumlah secukupnya.

2. Menurunkan tekanan darah

Jika Anda termasuk ibu hamil bersama dengan tekanan darah cenderung tinggi, konsumsi buah nangka dapat turunkan tekanan darah menjadi normal kembali. Apalagi, tekanan darah tinggi sangat beresiko bagi ibu hamil sebab dapat berisiko menyebabkan komplikasi bagi kehamilan dan janin.

3. Sumber energi

Jika ibu hamil terasa lesu dan tidak bertenaga, buah nangka bisa menjadi sumber energi. Apalagi bersama dengan rasa manis nangka, buah ini sanggup menjadi sumber energi yang lezat.Wajar jikalau ibu hamil terasa capek sebab sebenarnya energi yang dikeluarkan selama kehamilan lebih banyak saat mengandung.

4. Baik untuk pertumbuhan janin

Kandungan vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, dan mineral lainnya punya peran signifikan bagi pertumbuhan janin. Mengonsumsi nangka bersama dengan porsi wajar sanggup mendukung berkembangnya organ-organ terhadap janin selama di kandungan.

5. Mengurangi stres

Buah nangka termasuk sah-sah saja menjadi pilihan ibu hamil untuk snack time. Selain rasanya yang manis, kandungan dalam buah nangka termasuk sanggup menekan rasa stres. Terlebih, ibu hamil rentan mengalami stres selama memiliki kandungan 9 bulan.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ibu hamil yang mengkonsumsi buah nangka sangat diuntungkan berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Berkat vitamin yang satu ini, kekebalan tubuh termasuk sanggup meningkat dan membuat tidak mudah sakit. Apalagi, ibu hamil tidaj boleh asal asalan mengkonsumsi makanan.

7. Mengendalikan hormon

Jangan kaget jikalau hormon ibu hamil sangat fluktuatif dan tidak sanggup ditebakBiasanya mood ibu hamil sangat berubah ubah. Mengonsumsi buah nangka dapat mengendalikan keseimbangan hormon.

Bahaya Mengkonsumsi Buah Nangka Secara Berlebihan

bolehkah ibu hamil makan nangka

Segala sesuatu yang menyehatkan apabila dikonsumsi secara terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan efek negatif, termasuk juga buah nangka. Berikut ini beberapa efek berasal dari konsumsi buah nangka secara terlalu berlebih bagi ibu hamil:

1. Menyebabkan Alergi

Seperti dilansir berasal dari Mom Junction, sangat banyak makan buah nangka sanggup membuat ibu hamil mengalami alergi. Jadi, seumpama sebelumnya tidak dulu konsumsi buah nangka, Anda direkomendasi untuk tidak mengonsumsinya.

2. Menimbulkan Gangguan Pencernaan

Konsumsi nangka dalam jumlah banyak sanggup membuat problem pencernaan layaknya diare terhadap ibu hamil. Hal ini sanggup berlangsung sebab buah nangka punya kandungan serat yang lumayan tinggi.

3. Koagulasi Darah

Menurut situs kesegaran Foods for Better Health, seumpama Anda menderita problem darah, kehamilan bukanlah moment yang tepat untuk konsumsi buah nangka. Sebab, nangka sanggup menaikkan koagulasi darah atau pembekuan darah dalam tubuh.

4. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Nangka sebagai salah satu sumber gula alami sanggup bersama dengan mudah menaikkan kandungan gula darah dalam tubuh ibu hamil. Oleh sebab itu, konsumsi nangka perlu untuk dihindari bagi ibu hamil yang punya keluhan diabetes gestasional.