Cara Melupakan Masa Lalu Yang Menyakitakn Dan Kelam

Cara Melupakan Masa Lalu – Tidak semua masa lalu adalah kenangan yang indah. Masa lalu juga banyak menyimpan kejadian buruk dan bahkan membuat trauma bagi sebagian orang yang mengalaminya. Masa lalu yang buruk bisa mengganggu pikiran, membuat stress berkepanjangan dan juga mengganggu masa depan.

Bagi beberapa orang, masa lalu yang buruk dan menyakitkan seperti bayang-bayang yang selalu mengikuti ke mana pun mereka berjalan. Tak heran, keadaan ini mengganggu psikologis mereka, dan bahkan ada di antara mereka yang sampai depresi. Melupakan masa lalu tidaklah mudah, tapi dengan 6 cara berikut, kamu pasti bisa sukses perlahan-lahan melupakan masa lalu burukmu!

Selalu Berfikir Positif

cara melupakan masa lalu

Selalu berpikir positif adalah cara yang pertama. Berpikir positif bisa membantumu melupakan masa lalu yang buruk. Masa lalu yang buruk akan berdampak negatif untuk dirimu. Oleh karena itu, lawanlah masa lalu burukmu dengan berpikir positif dan yakin bahwa semua hal buruk pasti mempunyai sisi positifnya. Cobalah untuk berfikir positif dengan meyakini bahwa ada pelajaran yang bisa kamu ambil dan yakin tak akan terjatuh pada lubang yang sama.

Ihklaskan Apa Yang Sudah Terjai, Tidak Bisa Diubah

Kamu tentunya tidak bisa memutar waktu kembali, memperbaiki berbagai kesalahan atau menghindari hal buruk terjadi pada diri Kamu, namun cara Kamu melihat masa lalu masih bisa Kamu ubah dari sekarang.

Lalu bagaimana caran mengubah pandangan terhadap masa lalu?

Pertama-tama cobalah untuk mengikhlaskan apa yangsudah terjadi. Ikhlas berarti memaafkan atau menerima segala hal buruk yang terjadi di masa lalu, memaafkan diri sendiri dan juga menerima bahwa hal tersebut menjadi bagian dari masa lalumu.

Menyesal boleh-boleh saja, tapi, terus-terusan menyesal adalah tindakan yang salah besar dan penyesalan tidak akan pernah mengubah hal yang sudah terjadi. Kalau kamu belum bisa mengikhlaskan apa yang sudah terjadi di masa lalu, berusahalah untuk bersyukurlah! Bersyukur terhadap kondisimu saat ini karena masih banyak orang yang keadaannya jauh lebih buruk darimu. Jadi, ikhlas dan bersyukur adalah kunci yang paling ampuh!

Curahkan Masalahmu

cara melupakan masa lalu

Manusia merupakan makhluk yang tidak bisa hidup sendiri, alias selalu membutuhkan orang lain. Manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Ceritakan masa lalumu pada orang terdekat yang kamu percayai, maka hati, jiwa dan pikiranmu akan mendapatkan ketenangan.

Namun, sebaiknya untuk menceritakan masa lalu hanya kepada orang yang bisa kamu percaya. Jika tidak, ceritakan masalahmu kepada Tuhan. Pada dasarnya, memendam masalah hanya akan membuat kamu semakin terpuruk dan sakit. Jadi, luapkanlah perasaanmu dengan bercerita.

Percaya Bahwa Masa Depan Itu Lebih Baik

Sudah sangat banyak tulysan dan kata-kata motivatif yang menyebutkan bahwa “Masa lalumu adalah hal yang sudah lalu, tapi sekarang dan masa yang akan datang adalah milikmu!”. Tanamkan pikiran tersebut di pikiran dan keyakikanmu bahwa hanya kamu yang mampu mengendalikan masa sekarang dan masa depan. Kalau kamu masih terjebak dalam masa lalu sampai kapan masa indah itu akan datang?

Lakukan Self-Care

Saat kita tersakiti dan mengalami momen yang buruk, mungkin satu-satunya perasaan yang kita alami adalah luka dari momen tersebut. Meskipun begitu, kita tetap perlu melakukan intervensi diri dengan mencari kegiatan untuk merawat dan menyayangi diri Anda (self-care).

Self-care bisa dilakukan misalnya dengan rutin mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, dan berolahraga. Lakukan pula kegiatan self-care yang sekiranya meningkatkan mood kamu, seperti memesan jasa pijat, menonton film di bioskop, dan membaca buku.

Alihkan Masa Lalu Dengan Kegiatan Positif

cara melupakan masa lalu

Kalau kamu orang yang gampang teringat dengan kejadian atau momen di masalalu, cara ini mungkin cocok untuk diterapkan sebagai pengalihan. Dengan melakukan kegiatan positif, kamu bisa pelan-pelan melupakan masalalumu. Tambahlah jadwal untuk melakukan kegiatan positif, tetapi juga jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatanmu.

Cari Bantuan Profesional

Jika Kamu merasa terlalu berat untuk memulai hidup dari sekarang dan tidak bisa lepas dari masa lalu, cobalah untuk berkonsultasi dengan terapis profesional yang tentunya lebih memahami bagaimana cara mengobati luka emosional di dalam dirimu.

Hal ini juga bisa dilakukan jika setelah melakukan berbagai cara, kamu tetap dihantui masa lalu dan terjebak dengan masa lalu yang kelam. Memang ada beberapa kasus yang sangat menyakitkan sehingga seseorang memang membutuhkan psikiater atau terapis pikiran profesional.

Melupakan masa lalu yang kelam dan menyakitkan adalah sebuah proses yang lama. Lakukanlah secara bertahap dan dekatkan dirimu kepada Tuhan. Jika dirasa perlu, mintalah bantuan orang-orang yang mampu mengembalikan semangat hidup Anda.