Cara Memainkan Recorder Yaitu Dengan Cara

Cara Memainkan Recorder Yaitu Dengan Cara

Cara Memainkan Recorder Yaitu Dengan Cara-Recorder adalah alat musik yang sumber suara berasal dari tekanan udara yang kita tiup. Suara yang dihasilkan oleh recorder yang bersifat melodi, yang berarti bahwa instrumen ini tidak bisa bermain sendiri atau tidak bisa menjadi pengiring.

Recorder dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kepala (head), badan (body) dan kaki (foot). Pada bagian kepala ada mouthpiece (tempat kita meniup) dan lubang suara. Sementara itu, di bagian tubuh (body), ada 1 s /d 6 lubang oktaf / lubang slot 0 (di belakang recorder). kaki (foot) ada 7 lubang dan lubang udara.

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa ternyata banyak jenis recorder yaitu recorder sopranino, recorder soprano, recorder alto, recorder tenor, recorder bass dan recorderr contra brass. Recorder yang biasanya kita gunakan di sekolah adalah recorder soprano.

Cara Memainkan Recorder Yaitu Dengan Cara

Posisi tangan kita saat bermain recorder adalah tangan di kanan bawah dan tangan kiri di atas recorder. Nada akan dihasilkan ketika Anda menutup lubang yang ada di recorder. Tidak hanya buka tutup lubang, seperti yang pepatah katakan.

Memainkan alat musik recorder tentunya mudah untuk anda yang telah menguasai teknik “fingering”, “blowing” dan “tonguing”.

1. fingering
Recorder memiliki tujuh lubang di bagian depan dan lubang di belakang. Masing-masing jari, anda harus digunakan untuk menutup lubang. Ibu jari kiri akan menutup lubang di belakang recorder.

Pertama anda harus ingat aturan utama bermain recorder adalah tangan kiri harus berada di atas. Jangan tergantung pada tangan yang digunakan untuk menulis, Anda harus menempatkan tangan kiri di atas lubang.

Bila anda meletakkan jari anda di lubang, maka jari-jari anda harus tetap datar dan kencang. Hindari memasukkan lengkungan jari ke dalam lubang. Ujung jari harus mencapai dan dapat menggantung di sisi recorder anda.

2. Blowing
Letakkan ujung mulut ke perekam. Ingat bahwa anda ingin bermain perekam, jadi pastikan bahwa gigi anda tidak menyentuh “mouthpiece.” Jika gigi sudah kontak dengan “mouthpiece”, maka recorder sudah terlalu dalam masuk di mulut. Pindahkan perekam sehingga hanya bibir menyentuh “mouthpiece.” Dan kemudian tiuplah secara perlahan karena recorder adalah instrumen angin kecil.

3. tonguing
Untuk menghasilkan awal yang jelas dari setiap not, anda harus belajar untuk menggunakan lidah untuk memulai dan memisahkan setiap not. Ujung lidah harus dengan lembut menyentuh bagian belakang gigi atas. Proses ini sama seperti ketika anda mengucapkan kata “Du”.

anda mungkin merasa lebih mudah untuk berlatih mengatakan “Du, du, du” sampai anda bisa merasakan konsep pengucapan dan mendapatkan hasil yang sama dengan hanya mengeluarkan / menghasilkan udara (tidak ada suara).

Bermain recorder tidak semudah seperti yang anda bayangkan. Selain bertiup, untuk menghasilkan sebuah lagu yang baik, anda harus dapat memainkan jari-jari lubang dalam tubuh suling recorder.

Jari-jari memainkan peran sentral dalam penciptaan harmonisasi nada perekam seruling. Untuk lebih memahami ini, ada beberapa cara anda dapat memainkan recorder dengan benar. Berikut adalah Cara Memainkan Recorder Yaitu Dengan Cara:

Memahami penempatan jari

Cara Memainkan Recorder Yaitu Dengan Cara

Ada beberapa panduan sederhana yang digunakan untuk menunjukkan nada-nada pada suling. Panduan penempatan jari ini terdiri atas angka-angka 0 sampai 7, di mana 0 mewakili ibu jari kiri, 1 mewakili jari telunjuk kiri, 2 mewakili jari tengah kiri, dan seterusnya.

Contohnya, nada B yang kamu mainkan akan diwakili oleh panduan penempatan jari berikut: 0 1 – – – – – –

Setiap angka mewakili lubang yang ditutup dan tanda kurang mewakili lubang yang dibiarkan terbuka. Dalam contoh ini, angka 0 berarti ibu jari kamu berada dalam posisi menutup lubang di bagian belakang suling, dan angka 1 berarti jari telunjuk kiri kamu menutup lubang yang pertama.

Ketahui nada yang menggunakan tangan kiri

Cara Memainkan Recorder Yaitu Dengan Cara
Nada pertama mengajarkan anda untuk bermain dengan tangan kiri adalah B yang baru saja dimainkan, A dan G. Dua nada berikutnya yang akan anda mainkan dengan tangan kiri Anda adalah C “dan D”. Apostrof di sudut kanan atas nada ini menunjukkan bahwa itu adalah nada tinggi.

Untuk memainkan A: Gunakan posisi yang sama untuk nada B, tapi kali ini anda letakkan jari di tengah kiri lubang atas. Panduan penempatan jari adalah: 0 12 – – – – –

Untuk membaca G: Menggunakan posisi Nada A, tapi kali ini Anda menempatkan jari manis kiri anda pada lubang ketiga dari atas. panduan investasi jari G adalah: 0123 – – – –

Untuk memainkan C “: Tutuplah lubang di belakang dengan ibu jari kiri, kemudian letakkan jari anda ke kiri tengah pada lubang kedua dari atas. jari panduan investasi C “adalah: 0-2 – – – – –

Untuk memainkan D “: Biarkan lubang terbuka di bagian belakang dan menempatkan jari tengah kiri anda pada lubang kedua dari atas. jari panduan penempatan D “adalah: – – 2 – – – – –

Ketahui nada yang menggunakan tangan kanan

Cara Memainkan Recorder Yaitu Dengan Cara

Nada pertama mengajarkan anda untuk bermain dengan tangan kanan adalah E, D dan F #. Dua nada mengajarkan anda untuk bermain dengan tangan kanan adalah F dan C. Kedua nada dapat sedikit rumit untuk pemula karena ada banyak lubang yang ditutup akan dimainkan secara bersamaan pada saat itu.

Untuk memainkan E: Tutuplah lubang di belakang dengan ibu jari kiri, tutuplah tiga lubang di bagian atas telunjuk kiri, kiri tengah dan jari manis dari anda telunjuk kiri dan tempat yang tepat untuk lubang empat dari atas dan jari tengah kanan pada lubang kelima dari atas. panduan investasi jari E adalah: 0123 45 – -.

Untuk memainkan D: Gunakan posisi yang sama dengan nada E, tapi kali ini meletakkan jari manis sampai ke lubang keenam. penempatan jari memandu nada D adalah: 0123456 –

Untuk memainkan F #: Gunakan posisi yang sama dengan nada D, kali ini mengangkat jari telunjuk kiri pada lubang keempat dari atas, biarkan jari-jari yang lain di tempat masing-masing. jari panduan penempatan untuk Anda F # adalah: 0123-56 -.

Untuk membaca F: Tempatkan ibu jari kiri di belakang lubang, jari telunjuk kiri dan kiri tengah cincin meninggalkan tiga lubang di bagian atas, jari telunjuk tepat di lubang empat, jari manis tepat di lubang enam, dan jari kanan pada lubang ketujuh. jari panduan penempatan F Anda: 0123 4-67.

Untuk memainkan C: Saat memainkan nada C, lubang ketujuh harus benar-benar tertutup. ibu jari kiri anda menutup lubang dalam indeks belakang, kiri, jari kiri tengah dan jari manis anda tinggalkan pada lubang ketiga di bagian atas, dan indeks, tengah, manis dan kelingking dari anda hak untuk menutup empat lubang di bagian bawah, penempatan bebas dari jari pada catatan C: 0123 4567.

Baca juga artikel menarik lainnya di verina.id