Cara Mengetahui Wa Disadap Dan Cara Mengatasinya.

Pembicaraan mengenai keamanan WhatsApp menjadi topik hangat, setelah dunia maya dihebohkan dengan kasus ditangkapnya aktivis Ravio Patra pada Rabu (22/4/2020) karena WhatsApp pribadi miliknya disadap, tentunya informasi tentang cara mengetahui wa di sadap ini sangatlah penting untuk mengedukasi masyarakat agar dapat mengetahui lebih awal jadi akan cepat teratasi.

 

Cara Mengetahui Wa Disadap

 

berikut 3 penyebab atau celah yang bisa di manfaatkan peretas untuk menyadap WhatsApp kita :

 

1. Aktif di perangkat lain

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengakses layanannya melalui web. Salah satu untuk mengetahui apakah WhatsApp telah disadap adalah dengan melihat keaktifan akun WhatsApp di perangkat lain selain perangkat milik pengguna sendiri.

Pengguna bisa mengeceknya dengan mengakses WhatsApp > klik ikon tiga titik di bagian kanan atas > pilih opsi WhatsApp Web. Informasi mengenai akun WhatsApp pengguna yang aktif di perangkat lain akan muncul.

Untuk memutuskan sambungan koneksi mencurigakan tersebut, pengguna dapat keluar atau log-out dari semua perangkat yang tertera pada WhatsApp web.

Agar hal ini tidak terjadi lagi, solusi paling efektif adalah mengonfigurasi WhatsApp dengan App Lock. Dengan cara ini, meskipun orang lain mencuri atau mengambil ponsel pengguna, orang tersebut tidak dapat mengakses aplikasi WhatsApp dan menghubungkannya ke PC atau aplikasi lain melalui WhatsApp web.

 

2. Nomor terdaftar di perangkat lain

Cara lain di mana seseorang dapat memata-matai WhatsApp adalah mengaktifkan akun di perangkat lain dengan mendaftarkan nomor pengguna.

Pada dasarnya, orang tersebut mendaftarkan nomor pengguna di ponsel lain dan memulihkan semua obrolan atau percakapan yang tersimpan dalam aplikasi. Siapa pun dapat melakukan ini dengan mengambil ponsel pengguna untuk menerima kode verifikasi yang dikirim WhatsApp.

Jika hal itu terjadi, pengguna akan melihat pesan “Ponsel ini tidak dapat diverifikasi” karena nomornya terdaftar di perangkat lain. Pengguna dapat memverifikasi ulang nomor pengguna untuk mendapatkan kembali akses akun.

Untuk mengatasinya, pengguna dapat mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah dengan membuka Pengaturan > Akun > Aktifkan verifikasi dua langkah.

 

3. Diretasnya file WhatsApp

Ini merupakan metode yang rumit untuk mendapatkan akses ke obrolan WhatsApp. Penyadap dapat mengakses obrolan bahkan dengan akun WhatsApp yang terkunci.

Penyadap akan menargetkan log obrolan WhatsApp, gambar, bideo, dan media lain di File Manager. Penyadap juga dapat mengirim file ke perangkatnya atau dapat menggunakan aplikasi cadangan otomatis seperti Backup Texts untuk WhatsApp dan mengirim email langsung semua percakapan pengguna di WhatsApp dalam teks biasa.

Cara terbaik untuk selamat dari ancaman semacam ini adalah dengan memperbarui WhatsApp secara teratur. Pembaruan terdiri dari patch keamanan dengan enkripsi cadangan. Selain itu, pengguna lebih baik memiliki kunci Aplikasi untuk File Manager.

 

Cara Mengetahui Wa Disadap

Ada banyak cara mengamankan WhatsApp dengan fitur-fitur yang tersedia dalam layanan tersebut. Namun, jarang pengguna yang tahu atau menyadari jika sebenarnya dia telah disadap oleh seseorang.

berikut cara mengetahui dan ciri ciri jika WhatsApp disadap :

 

1. Pengguna Tidak Bisa Login

Cara Mengetahui Wa Disadap yang pertama adalah pengguna tidak bisa login. Satu nomor telepon pada dasarnya hanya bisa dipakai di satu aplikasi WhatsApp atau biasa disebut dengan istilah single-device login.

Nah, jika mendadak kamu keluar atau log out dari aplikasi WhatsApp tanpa sadar, kemungkinan ada pihak lain yang sedang memakai nomor telepon kamu untuk login di aplikasi WhatsApp.

Padahal, untuk bisa login di sebuah perangkat, WhatsApp biasanya meminta kode one time password atau OTP yang langsung dikirim ke nomor telepon tersebut.

Untuk itu, jangan pernah memberikan kode OTP ini kepada siapa pun. Ini juga mungkin terjadi ketika nomor telepon telah digandakan, sehingga peretas bisa membuka pesan yang masuk berisi OTP.

 

2. Tak Bisa Menelepon Via WhatsApp

Blog Avira menyebut, jika pengguna tidak bisa menelepon via WhatsApp bisa jadi tanda jika WhatsApp mereka sudah disadap pihak lain.

 

3. Cek WhatsApp Web

WhatsApp Web merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp via browser di perangkat laptop atau komputer. Fitur ini sangat krusial untuk pengguna yang memakai PC, tetapi di sisi lain ini memungkinkan peretas atau pihak lain untuk menyadap akun WhatsApp.

Untuk mengetahui apakah akun WhatsApp kamu disadap, kamu bisa membuka Setting atau menu Titik Tiga di kanan atas WhatsApp, kemudian pilih WhatsApp Web.

Jika ternyata kamu login di perangkat yang tidak kamu kenali dengan lokasi yang tak dikenal pula, pilih logout atau keluar dari semua perangkat.

Opsi ini juga bisa dilakukan dari perangkat iOS, caranya pilih Setting di kanan bawah, kemudian pilih WhatsApp Web dan cek perangkat terhubung. Kalau perangkat tersebut tidak dikenal, sebaiknya pilih logout dari semua perangkat.

 

4. Pesan Terbaca Padahal Kamu Tidak Buka

Tanda lain kalau WhatsApp telah disadap pihak lain adalah ada pesan yang terbaca padahal kamu tidak membuka pesan tersebut.

Tanda pesan sudah dibaca adalah tanda centang dua yang berubah menjadi biru, jika fitur ini telah diaktifkan sebelumnya.

Namun jika pengguna tidak mengaktifkannya, ia juga bisa menyadari pesan-pesannya telah dibaca dengan melihat apakah notifikasi angka di tiap obrolan telah hilang.

Ketika pengguna belum membuka pesan dari satu kontak tetapi tanda notifikasi angkanya telah hilang, kemungkinan ada orang lain yang membuka obrolan WhatsApp kamu.

 

5. Kirim Pesan Tanpa Sepengetahuan Pengguna

Tanda lain yang bisa menjadi kecurigaan kalau akun WhatsApp disadap adalah ada pesan yang tidak pernah kita kirimkan. Dari situ bisa diketahui, ada pihak lain yang ternyata sedang mengintip WhatsApp kita.

 

6. Baterai Cepat Habis

Cara lain mengetahui apakah WhatsApp disadap adalah menyadari saat baterai perangkat cepat terkuras.

Baterai terkuras memang tak menjadi bukti valid bahwa WhatsApp telah disadap, tetapi bisa jadi salah satu indikasi bahwa aplikasi-aplikasi di perangakt termasuk WhatsApp terus bekerja, meski si pengguna tidak membukanya.

 

Sekian informasi seputar penyadapan whatsapp yang harus anda waspadai, semoga dengan membaca artikel ini anda dapat terbantu dan dapat menambah wawasan anda tentang bahaya penyadapan ini.