Cara Merawat Ikan Hias Yang Baik Dan Lengkap

cara merawat ikan

CARA MERAWAT IKAN HIAS YANG BAIK DAN LENGKAP– Memiliki hewan peliharaan adalah suatu hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Dan juga,ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa memelihara hewan mampu memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Ikan hias dalam aquarium memang dapat menawarkan hiburan tersendiri dan dapat menjadi hiasan tambahan untuk mempercantik sebuah ruangan. Mengamati kesibukan ikan yang berenang dalam air juga bermanfaat untuk menghilangkan stres sesudah seharian melakukan aktivitas.

BERBAGAI CARA MERAWAT IKAN HIAS

Tetapi dalam memelihara ikan di aquarium juga memerlukan perawatan khusus supaya air pada aquarium dapat selalu bersih dan agar kelangsungan hidup ikan di dalamnya tetap terjaga.

Kami akan menawarkan tips untuk anda sebagai berikut!

  1. Memilih Variasi Ikan

    Memelihara ikan dalam aquarium juga patut dipilih jenisnya. Ikan yang proaktif tak boleh dipelihara dalam aquarium yang sama karena dapat membunuh ikan yang tak proaktif. Sebagai contoh dari jenis ikan cupang yang proaktif tak boleh disatukan dengan jenis ikan lain mirip neon atau mas koki yang  tak proaktif.

  2. Pisahkan Ikan Yang Sakit

    Saat anda melihat ikan yang sakit, segera-lah pisahkan dari aquarium karena dapat menular pada ikan lainnya. Ikan yang tak sehat mirip terserang jamur, cacing dan ragam penyakit ikan lainnya akan menularkan  ke ikan sehat lainnya dan alhasil ikan lebih gampang mati. Dan hal ini juga berlaku dalam budidaya ikan air tawar.

  3. Senantiasa Gunakan Air Higienis

    Ikan dapat beradaptasi dengan rupawan kalau lingkungan sekitarnya terdapat jenis ikan yang sama. Akan tetapi, air juga menjadi bagian paling utama supaya hidup ikan dapat berlangsung dengan rupawan dalam aquarium. Sama hal-nya dengan memelihara ikan patin. Kalau air dalam aquarium sangat kotor ataupun keruh,  segeralah anda ganti dengan air yang  baru. Ganti-lah secara rutin sekitar 1 kali dalam seminggu.

cara merawat ikan

  1. Perhaikan Kedalaman Air

    Kedalaman air dalam aquarium dibagi menjadi 3 yaitu atas, tengah dan juga bawah. Perhatikan dan juga amati, karena banyak sekali jenis ikan memerlukan tingkat kedalaman air yang berbeda beda. Untuk ikan air atas diantaranya adalah jenis ika guppy, platty serta molly. Untuk jenis ikan air tengah contohnya adalah komet, koi dan manfish. Beberapa untuk ikan air bawah diantaranya adalah niasa, botia, pembersih kaca dan juga lemon.  Aturlah kedalaman air ini, karena kalau anda salah  ikan akan dengan mudah mati.

  2. Gunakan Filter

    Sebagian jenis-jenis ikan juga memerlukan sinar agar dapat hidup dengan rupawan dalam aquarium dan beberapa ikan jenis lain juga ada yang tak menyukai sorotan sinar, supaya tak mudan sakit dan mati maka gunakanlah filter pembatas untuk mengatur sinar yang masuk pada aquarium.

  3. Bersihkan Kapas

    Ketika anda menguras aquarium dan diisi dengan air yang baru, maka gantilah kapas pada saringan juga supaya air yang mengalir di dalam aquarium akan selalu bersih dan terhindar dari penyakit maupun jamur yang menumpuk pada kapas saringan.

  4. Menambahkan Flora Air

    Flora air dalam aquarium tak sekedar bermanfaat untuk mempercantik tampilan aquarium, tapi juga berfungsi sebagai penghasil oksigen, saringan air dan juga kawasan berteduh ikan saat tidur sehingga wajib ditambahkan dalam memelihara banyak sekali jenis ikan hias air tawar. Kalau anda tidak menambahkan tanaman di dalam air, maka ikan akan lebih gampang stres dan alhasil ikan akan mati dalam waktu yang tak lama.

    cara merawat ikan

  5. Memilih Aquarium Dengan Ukuran Layak

    Mirip halnya dalama memelihara ikan nila, hal pertama yang wajib di perhatikan adalah memilih ukuran aquarium yang pas dengan banyak serta ukuran dari ikan. Perhatikan ini sangatlah penting agar ikan dalam aquarium dapat bergerak dengan bebas dan banyaknya air dalam aquarium juga pantas. Ukuran aquarium yang terlalu kecil akan menghalangi gerak ikan sehingga alhasil dapat sakit dan lebih gampang mati.

  6. Atur Arus Air

    Sebagian jenis-jenis ikan yang dipelihara dalam aquarium juga memerlukan arus air yang sama dengan tempat asal aslinya agar pernapasan, aliran darah dan juga ekskresi ikan dapat berjalan dengan rupawan sehingga ikan dapat hidup lebih sehat dan lebih lama. Untuk itu, penerapan saringan air yang dapat menyemburkan atau mengalirkan air amat diharapkan. Supaya semburan air tak terlalu kuat, maka gunakanlah batu atau karang sebagai pembatas semburan air.

  7. Menawarkan Pakan Dengan Teratur

    Makanan ikan tentunya juga patut di berikan secara teratur dengan komposisi yang ideal dan secara teratur. karena hal ini juga penting untuk di lakukan supaya ikan tak kelaparan tetapi juga tak membuat air dalam aquarium sangat cepat keruh.

Sekian tips yang dapat kami bagikan kepada anda semua, semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya, KLIK DISINI!