Cemilan ibu hamil, Ada apa saja ?, Simak ulasan berikut!

cemilan ibu hamil

 

Cemilan ibu hamil – Kudapan atau kita bisa sebut juga dengan cemilan adalah istilah untuk makanan yang diperuntukan tidak sebagai hidangan utama. Makanan ringan kerap kali dianggap makanan yang berfungsi sebagai makanan penghilang rasa lapar sementara saja.

Cemilan sangat digemari oleh semua orang mulai anak – anak, remaja, dewasa. Ibu – ibu yang sedang mengalami masa kehamilan juga menyukai kudapan. Rasa lapar yang datang secara tiba – tiba membuat ibu ibu yang sedang mengandung ingin memakan makanan ringan agar rasa lapar hilang. Namun tidak semua cemilan bisa di konsumsi oleh para ibu – ibu mengandung ini, ada beberapa yang tidak bisa dan ada juga yang bisa.

Dibawah ini adalah kudapan sehat apa saja yang bisa dikonsumsi oleh para ibu – ibu mengandung ini:

 

Daftar cemilan ibu hamil yang baik untuk di konsumsi

Yoghurt

Daftar pertama adalah yoghurt Kandungan kalsium pada yoghurt baik untuk kesehatan tulang dan gigi ibu mengandung, juga janin dalam kandungan. Dalam yoghurt juga terkandung prebiotik, prebiotik yaitu bakteri baik untuk kesehatan saluran cerna.

Kandungan prebiotik dalam yoghurt mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi sehingga risiko persalinan prematur, risiko infeksi pada masa kehamilan, eksim dan alergi pada bayi dapat berkurang.
Sebagai camilan, UB dapat mengonsumsi yoghurt plain dengan campuran kacang, kismis, dan buah segar. Yoghurt juga dapat dijadikan smoothies. Caranya cukup campurkan yoghurt dengan jus buah, atau sayuran seperti bayam dan seledri.

Cokelat

Konsumsi cokelat saat hamil dapat memberi manfaat bagi kesehatan pembuluh darah ibu hamil, sehingga dipercaya dapat membantu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi dan preeklamsia.
Meski membawa manfaat, Bumil tidak dianjurkan mengonsumsi terlalu banyak cokelat. Sebaiknya pilih cokelat hitam atau dark chocolate, dibanding cokelat susu yang mengandung banyak gula.

Alpukat

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, ibu hamil dapat mengonsumsi alpukat sebagai cemilan. Kandungan folat alami yang terdapat dalam alpukat cukup tinggi, sehingga mampu meminimalkan risiko cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang.
Selain kandungan folat yang cukup tinggi, alpukat juga mengandung lemak sehat yang berguna untuk mendukung perkembangan otak janin. Untuk dapat memperoleh manfaat tersebut, Bumil dapat mengonsumsi alpukat secara langsung. Alpukat juga dapat disajikan sebagai pengganti mentega pada roti panggang atau roti lapis.

Jus jeruk

Kandungan asam folat dan kalium yang terdapat dalam jus jeruk berguna untuk mencegah kelainan pada janin, menjaga fungsi otot, dan metabolisme bumil. Vitamin C pada jus jeruk juga bermanfaat dalam mencegah pilek, meningkatkan penyerapan zat besi, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi Bumil, maupun janin dalam kandungan.
Selain jus jeruk, jus buah lainnya yang bisa menjadi pilihan diantaranya mangga, stroberi dan tomat. Dan jangan lupa pastikan tidak menambahkan banyak gula dan susu saat membuat jus.

Ubi

Kandungan nutrisi ubi termasuk vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, mineral copper (tembaga), dan beta karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Pada janin dalam kandungan, vitamin A sangat penting untuk pembentukan mata, tulang dan kulit. Ubi dapat dimasak sebagaimana kentang tumbuk, dipanggang, atau digoreng.

Oatmeal

Tingginya karbohidrat kompleks dan serat pada oatmeal membuatnya terhitung sebagai salah satu makanan super untuk selama kehamilan. Tidak hanya itu saja, dalam oatmeal juga terkandung magnesium dan mineral zinc yang cukup tinggi.

Kandungan magnesium yang terdapat pada oatmeal membawa berbagai macam manfaat dalam fungsi kekebalan tubuh, otot dan saraf. Sementara itu, kandungan zinc dalam oatmeal bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan sel dan pembentukan DNA pada janin.

Kacang edamame

Kacang edamame kaya akan kandungan vitamin B, termasuk asam folat. Edamame juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh seperti zat besi, tembaga, zinc, dan magnesium. Untuk menikmati kacang edamame sebagai camilan, Bumil dapat merebus kacang edamame dan taburi sedikit garam.

Popcorn
Popcorn merupakan salah satu camilan tinggi serat yang dapat membantu meringankan sembelit yang dialami ibu hamil. Hanya saja, hindari membuat cemilan ini dengan mentega atau garam secara berlebihan.

Itulah cemilan yang baik untuk ibu – ibu yang sedang mengandung.Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.