Coklat Hitam, Ada Apa saja kandungan dan manfaatnya

coklat hitam

Coklat hitam – Ada berbagai jenis cokelat yang bisa Anda temui di pasaran, mulai dari cokelat susu (milk chocolate), cokelat putih (white chocolate), hingga cokelat hitam (dark chocolate). Nah, tahukah Anda dari ketiga jenis cokelat itu ternyata dark chocolate memiliki manfaat paling banyak bagi kesehatan tubuh? Mulai dari kulit sampai ke dalam pembuluh darah Anda bisa mendapatkan manfaatnya. Ini dia beragam manfaat dari coklat ini yang bisa Anda dapatkan.

Kandungan dari coklat hitam

Kaya Kandungan Nutrisi

Coklat mempunyai berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, Yang Pertama yaitu kandungan antioksidan. Zat ini dipercaya dapat memerangi radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Terbentuknya radikal bebas tidak dapat dihindari karena terjadi secara alami dari proses tubuh, seperti proses pernapasan. Sumber radikal bebas lainnya yaitu asap rokok, asap kendaraan dan polusi lingkungan.

Kemudian, Coklat ini juga kaya zat flavonoid. Pada manusia, flavonoid juga bersifat antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Meskipun demikian, asupan flavonoid juga dapat ditemukan pada apel, teh dan bawang bombay.

Selain itu, ada juga kandungan flavanol pada coklat. Kandungan Flavanol ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah kita, menurunkan kecenderungan trombosit untuk menggumpal, serta meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung.

Manfaat dari coklat :

1. Baik untuk jantung dan sirkulasi darah.

Baru-baru ini sebuah studi menyimpulkan bahwa cokelat hitam dapat memulihkan kembali fleksibilitas arteri sekaligus mencegah darah putih menempel pada pembuluh darah, yang biasanya menjadi penyebab penyumbatan pembuluh darah.

2. Kaya mineral.

Cokelat hitam sebenarnya dibungkus oleh banyak mineral seperti potasium, zinc dan selenium. Dan untuk 100gram cokelat hitam dengan 70 persen kokoa di dalamnya mengandung 67 persen zat besi.

3. Mengurangi kolesterol.

Mengonsumsi cokelat telah menunjukan dapat menurunkan level kolesterol jahat dan menaikan kolesterol baik, dan juga menurunkan potensi penyakit jantung.

4. Melindungi kulit dari radiasi sinar matahari

Flavonol dalam dark chocolate dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radias sinar matahari dengan melancarkan aliran darah di kulit dan meningkatkan kekenyalan dan kelembapan kulit.

Penelitian dalam Journal of Cosmetic of Dermatology menunjukkan manfaat dark chocolate dapat menangkal dampak buruk radiasi sinar UVB yang bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit, kerusakan mata (termasuk katarak), dan kanker kulit.

5. Dapat membantu menurunkan berat badan.

Seorang ilmuwan neurologi, Will Clower, mengatakan satu kotak kecil cokelat hitam yang meleh di lidah 20 menit sebelum waktu makan, dapat memicu hormon-hormon di otak untuk berpikir bahwa “Saya sudah kenyang”. Hal itu membuat Anda akan mengurangi jumlah makanan yang sebelumnya Anda inginkan. Akhirnya Anda pun akan mengurangi jumlah camilan berikutnya.

6. Cokelat baik untuk otak.

Flavonol diperkirakan dapat mengurangi kemungkinan hilangnya ingatan pada kaum orang tua. Kualitas anti-inflamasi cokelat hitam telah ditemukan bermanfaat dalam mengobati cedera otak seperti gegar otak.

7. Kenyang lebih lama

Sebuah Penelitian dari University Copenhagen menemukan bahwa makan dark chocolate membuat perut kenyang lebih lama dan mencegah hasrat ngidam makanan manis, asin, dan berlemak. Maka, bagi orang yang sedang menurunkan berat badan, dark chocolat bisa menjadi pilihan camilan yang baik.