Daftar Makanan yang Bikin Gemuk dan Ganggu Diet

Makanan yang Bikin Gemuk

Makanan yang bikin gemuk- Tanpa kita sadari, banyak makanan yang sering kita konsumsi memicu kenaikan berat badan dengan risiko kegemukan atau obesitas.

Makanan yang bikin gemuk tersebut biasanya disebabkan oleh kandungan gula dan lemak yang tinggi dalam makanan, yang memang rasanya sulit untuk ditolak. Kira-kira apa saja makanan tersebut?

Simak artikel ini untuk melihat beberapa makanan lezat namun bisa picu kenaikan berat badan.

Beberapa makanan yang bikin gemuk yang harus dikurangi konsumsinya atau bahkan dihindari.
Untuk menghindari kenaikan berat badan dan juga obesitas, Anda dapat mengurangi daftar makanan yang bikin gemuk seperti dibawah ini dilansir verina.id :

1. Soda

makanan yang bikin gemuk

Minuman soda dengan rasa manis mungkin menjadi minuman yang paling menggemukan yang ada di sekitar kita. Kita pun sangat rentan meminumnya karena tersedia di berbagai sudut kota termasuk gerai makanan cepat saji.

Minuman mengandung gula seperti soda tidak memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Minuman ini juga menyumbangkan kalori yang tergolong tinggi sehingga sangat berisiko menaikkan berat badan.

Berbagai studi mengemukakan, orang yang sering minum minuman bersoda lebih rentan untuk mengalami kenaikkan berat badan dibandingkan yang tidak minum minuman bersoda.

2. Kopi pakai gula

makanan yang bikin gemuk

Meneguk kopi kekinian yang saat ini sedang menjamur mungkin sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang. Walaupun begitu, penting untuk diingat bila kopi menggunakan gula atau sirup gula dapat memicu kenaikkan berat badan.

Kopi sebenarnya minuman yang cukup sehat. Yang menjadi masalah tentu gula dalam kopi-kopi tersebut yang menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Es krim

makanan yang bikin gemuk

Beberapa produk es krim tinggi dengan kandungan gula dan juga lemak. Dengan kepopulerannya sebagai makanan penutup, es krim dapat menambah asupan kalori yang anda konsumsi.

Dengan demikian, mengonsumsi es krim sebaiknya dijadikan camilan untuk sesekali saja tidak untuk setiap hari karna pasti akan menambah berat badan.

Es krim disarankan dikonsumsi dalam waktu-waktu tertentu saja. Selain itu, untuk memilih es krim yang lebih sehat atau kandungan gula yang tidak banyak. Maka anda disarankan untuk mencari produk yang kandungan gulanya kurang dari 15 gram per sajiannya. Perhatikan pula jumlah kalori dalam setiap sajiannya.

4. Donat dan kue

makanan yang bikin gemuk

Kue dan donat merupakan camilan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Begitu pula dengan tepung karbohidrat olahan dan lemak tambahannya.

Karena kandungan tersebut, kue dan donat seringkali mengandung kadar kalori yang tinngi dan menjadi salah satu makanan yang bikin gemuk. Seperti halnya es krim, kue-kue dan donat sebaiknya dijadikan camilan sesekali saja untuk menhindari kenaikan berat badan. Dan juga pilihlah donat dengan porsi yang kecil.

5. Kentang goreng

makanan yang bikin gemuk

Rasanya memang sulit untuk menolak sepaket kentang goreng yang lezat. Entah itu dari restoran cepat saji hingga yang dijual di gerobak-gerobak di pinggir jalan.

Walaupun begitu, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, kentang goreng merupakan salah satu kategori makanan yang bikin gemuk karena kandungan kalorinya yang tinggi. Beberapa produk kentang goreng siap saji juga tinggi akan kandungan lemak dan juga garam.

Sehingga baiknya agar Anda membatasi ataupun mengurangi konsumsi kentang goreng. Mengolah kentang sendiri dirumah itu lebih disarankan. Karena kentang masih mengandung beragam manfaat. Teknik memasak kentang yang di klaim paling sehat adalah dengan merebus atau memanggangnya.

6. Susu cokelat

makanan yang bikin gemuk

Berbagai produk susu dengan perasa, termasuk rasa cokelat, sarat dengan gula tambahan dan lemak. Artinya, kalorinya pun cenderung tinggi sehingga Anda perlu membatasi konsumsi minuman ini.

Kita pun sering minum susu cokelat tanpa memerhatikan porsinya, sehingga memicu overeating. Alih-alih minum susu cokelat, Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi cokelat hitam utuh.

Sebab, cokelat hitam memiliki berbagai manfaat seperti kesehatan jantung dan fungsi otak.

7. Jus buah kemasan

makanan yang bikin gemuk

Jus buah sering dianggap sebagai minuman sehat. Namun, jika diperhatikan, banyak merek jus buah kemasan yang kandungan gulanya mirip dengan minuman soda.

Konsumsi jus buah berlebihan pun telah dikaitkan dengan kegemukan, terutama pada anak-anak. Jika Anda ingin mendapatkan nutrisi buah-buahan, mengonsumsinya langsung lebih disarankan.

Jika ingin membuat jus buah sendiri di rumah, pastikan Anda tidak meminumnya lebih dari 150 ml per hari.

8. Berbagai makanan olahan

makanan yang bikin gemuk

Di zaman yang menuntut waktu ini, kita rentan untuk mengonsumsi makanan olahan, mulai dari sereal, keju, susu, kue, keripik dan makanan ringan, hingga makanan beku.

Walau memang memudahkan, sangat banyak makanan olahan yang tergolong sebagai makanan yang bikin gemuk. Pastikan Anda selalu memerhatikan label makanan pada makanan kemasan yang dibeli, termasuk informasi nilai gizi dan komposisinya.

Berikut adalah makanan yang bikin gemuk namun sehat

 

1. Yogurt

makanan yang bikin gemuk

Satu botol yogurt tawar hanya mengandung 100 kalori dan banyak kalsium. Lain halnya dengan yogurt yang sudah dibubuhi rasa buah di dalamnya; 1 cup kecil saja bisa memuat 150 kalori dan 26 gr gula. Kabar baik bagi Anda yang ingin cepat gemuk.

Namun bagi yang tidak ingin gemuk, lebih baik Anda membeli yogurt tawar, dan tambahkan potongan buah segar atau madu ke dalamnya sebagai perasa.

2. Sushi

makanan yang bikin gemuk

Mengonsumsi ikan mentah takkan berdampak buruk pada lingkar pinggang, tapi lain halnya dengan sajian sushi yang biasanya dijual di pasaran. Tambahan krim keju, mayones pedas, adonan tempura atau udang, maupun beras putihnya jelas bisa membuat sushi menjadi makanan yang bikin gemuk. Belum lagi dengan bumbu kecap asin tinggi sodium yang dapat membuat tubuh semakin bengkak saja.

Solusi yang lebih sehat adalah dengan memilih sashimi yang disajikan dengan beras coklat, atau simple roll tanpa bumbu tambahan.

3. Teh

makanan yang bikin gemuk

Teh memang mengandung ragam antioksidan yang bisa mengurangi resiko demensia dan sakit jantung. Namun tambahan gula di dalamnya bisa merusak khasiat baiknya, apalagi kalau yang Anda minum adalah teh kemasan.

4. Buah kering

makanan yang bikin gemuk

Buah kering hanyalah buah normal yang sudah diambil airnya. Hal ini membuatnya memiliki kadar kalori dan gula 5-8 kali lebih banyak ketimbang buah segar.

Jadi bila 1 porsi buah segar mengandung 60 kalori saja, maka 1 porsi buah segar bisa memuat 460 kalori. Oleh sebab itu buah kering menjadi makanan yang bikin gemuk namun tak disadari oleh konsumennya.

Bagi yang ingin mempertahankan program dietnya, maka tetaplah mengonsumsi buah segar sebagai cemilan. Dan gunakan buah kering untuk penghias makanan saja, bukan snack.

5.Dark chocolate

makanan yang bikin gemuk

Kandungan antioksidan polifenol dalam coklat hitam membuatnya ampuh menangkal beragam penyakit serta obesitas… kalau Anda makan secukupnya. Satu ons coklat hitam diperkirakan memuat 155 kalori, 9 gr lemak dan 5 gr di antaranya adalah lemak jenuh.

Namun bila ingin berat badan tetap stabil, pilihlah dark chocolate yang tinggi kadar kakaonya karena itu berarti kandungan gulanya juga sedikit. Kudap 1 potong kecil saja pada sekali waktu.

6. Tahu

makanan yang bikin gemuk

Tahu memang dipadati dengan zat besi, kalsium, dan protein. Setengah cangkir tahu mentah memang hanya mengandung 94 kalori saja, namun kadar tersebut dapat berlipat kali ganda kalau Anda menggorengnya.

Bagi yang ingin tetap langsing tapi ingin tahu goreng, maka batasi jumlah minyaknya hanya 1 sdm saja, atau cobalah mengolah tahu menjadi sajian yang lebih sehat lainnya.

7. Salad

makanan yang bikin gemuk

Makanan yang bikin gemuk berikutnya adalah salad. Selama isi salad hanyalah sayuran dan buah segar, maka itu tak masalah untuk ingin tetap langsing. Namun bagi yang ingin gemuk cobalah untuk menambahkan parutan keju, kacang, atau mayones ke dalamnya.

8. Energy bar

makanan yang bikin gemuk

Meski dipercaya sebagai cemilan sehat, namun energy bar dipadati dengan kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi indeks glikemiknya. Solusinya adalah jangan mengonsumsinya untuk cemilan. Anda boleh mengonsumsinya sebagai sumber energi dadakan bila sudah berolahraga kurang lebih 1 jam.