Doa Makan Dan Artinya. Berikut Selengkapnya

Doa Makan Dan Artinya – Bagi umat islam berdoa sebelum melakukan sesuatu adalah suatu kehaarusan. Baik kegiatan yang berat atau ringan.

doa makan dan artinya

Doa menjadi salah satu nilai ibadah dalam agama Islam. Karena dengan berdoa kita berarti meminta izin atau memohon restu dari Allah S.W.T. Didalam agama Islam ada banyak sekali doa-doa mulai dari kita bangun tidur sampai tidur lagi.

Baca Juga Tentang Permainan Anak Laki – Laki

Yang akan kita bahas kali ini adalah doa makan.

Seperti yang kita tau, makan ada suatu kebutuhan bagi manusia dan makan adalah keperluan pokok manusia. Maka dari itu, dalam Islam sebelum kita melakukan kegiataan makan kita harus berdoa terlebih dahulu agar apa yang kita makan menjadi berkah dan saat kita mulai makan hingga selesai makan menjadi suatu nilai ibadah.

Berikut adalah doa sebelum makan dan artinya :

Doa sebelum makan

“Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”

doa makan dan artinya

Doa sebelum makan ini di baca sebelum kita melakukan kegiatan makan. Makan apapun itu. Dan didalam Islam kita di ajarkan agar makan dengan duduk dan tidak secara berdiri ataupun berjalan.

Selain doa sebelum makan pasti ada pertanyaan. Bagai mana kalau pas di tengah – tengah makan terus kita baru teringat kalau belum membaca doa. Nah untuk itu pun ada doanya.

Berikut doa saat di tengah – tengah makan dan lupa membaca doa dan artinya:

Doa lupa membaca doa sebelum makan

“Bismillaahi fii Awwalihii wa Aakhirihi”

“Dengan menyebut nama Allah di awal dan akhirnya.”

doa makan dan artinya

Nah, bahkan doa ketika kita lupa membaca doa pun ada. Jadi, makan menjadi suatu perkara yang sangat di perhatikan dalam Islam.

Ketika kita sudah makan maka, setelah selesai makan pun kita harus membaca doa.

Berikut doa setelah makan dan artinya :

Doa sesudah makan

Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa minal muslimiin

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang teah memberikan kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dalam golongan orang-orang yang berserah diri”.

doa makan dan artinya

Nah itulah beberapa doa yang berhubungan dengan makan. Dan jangan lupa baca doa sebelum makan ya. Kalau lupa ya baca doa ketika lupa membaca doa.

Semoga info ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.