kue khas semarang yang enak, simak daftar berikut!

kue khas semarang

Kue khas semarang – Semarang adalah salah satu kota di indonesia yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Dari yang berasal dari dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri. Kota semarang biasanya terkenal dengan tempat – tempat pariwisatanya. Selain pariwisata kota semarang ini juga terkenal akan kuliner kuenya lho.

Ada kue apa saja yang menjadi ciri khas kuliner di semarang ini, yuk simak daftar berkut!

Kuliner kue di Semarang

Roti Ganjel Rel

Ketika melihat dari namanya, makanan dari semarang yang satu ini terlihat aneh. Ada rel didalam roti? Eits tapi bukan itu yang dimaksud. Kudapan yang satu ini terbuat dari tepung tapioka, kayu manis, air nila, santan dan taburan wijen.

Tekstur yang keras dan berwarna cokelat membuat masyarakat setempat menyebutnya dengan nama bantalan rel kereta api. Jadi, dari sinilah bagaimana roti ini disebut Roti Ganjel Rel. Menurut ahli kesehata, tekstur keras memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Mochi Moaci Gemini

Kue mochi yang dikenal berasal dari negeri seberang, ternyata menjadi oleh-oleh khas Semarang. Mochi atau moaci yang populer adalah Moaci Gemini yang terletak di Jalan Kentangan Barat 101, Semarang.

Moaci terbuat dari tepung adonan tepung ketan yang di dalamnya berisi kacang cincang dan gula. Tampilannya yang bulat kecil kecil dan kenyal dengan taburan wijen tentunya akan menggoda siapa pun yang melihatnya. Moaci Gemini dibuat tanpa bahan pengawet dan tahan sampai satu minggu.

Wingko Babat

Wingko Babat memang bukan jajanan asli Semarang, namun karena berasal dari sebuah kecamatan di Lamongan yaitu Babat. Jajanan yang berbentuk bulat dalam berbagai ukuran dengan rasa yang legit ini banyak dicari oleh para wisatawan – wisatawan yang datang ke Semarang. Perpaduan rasa yang dihasilkan dari kelapa muda dan gula menjadikan kue ini memiliki rasa yang lezat.

Salah satu merk wingko babat yang populer di Semarang adalah Wingko Babat Cap Kereta Api yang berlokasi di Jalan Cenderawasih 14, Semarang. Dari sini lah wingko mulai dikenalkan oleh Nyonya Mulyono yang berasal dari Babat dan menetap di Semarang. Awalnya kue ini mulai dijual di sekitaran Stasiun Tawang, hal ini pula yang menjadi alasan penamaan wingko di dagangannya.

Brilian Super Cake

Roti Brillian atau Brillian Super Cake menjadi oleh-oleh khas berikutnya yang banyak diburu wisatawan. Roti ini bisa anda temukan di Istana Brillian yang terletak di Jl Simpang Lima, Semarang.

Roti Brillian yang dibuat dari bahan pilihan terbaik dan menggunakan resep kuno yang masih terjaga keasliannya lho. Nikmati beragam varian rasanya mulai dari keju, coklat, almond dan kismis. Tak perlu anda pikir – pikir panjang jika ingin membeli roti ini sebagai oleh-oleh pulang ke rumah. Roti ini bisa tahan berhari-hari karena proses pengemasannya yang baik sehingga tak berubah rasa meskipun Anda bawa pulang ke rumah.

Kue Sarang Madu

Kue lainnya yaitu Kue Sarang madu yang wajib Anda beli. Kue yang berasal dari Semarang ini terbuat dari tepung beras, santan, dan bagian atasnya diolesi dengan gula merah.

Kue Sarang Madu ini merupakan kue kuno asal Welahan yang bisa dijumpai di toko oleh-oleh daerah Kudus, Jepara, dan Semarang. Harga untuk setiap dos nya dibandrol sebesar Rp. 28.000 dan bisa tahan lama hingga 2 bulan.

Brownies Opium

Oleh-oleh khas Semarang lainnya yang terkenal adalah Brownies Opium. Bagi anda yang tidak familiar dengan namanya tentu tidak akan bertanya-tanya, namun jika sudah familiar mungkin Anda beranggapan makanan yang satu ini terbuat dari bahan haram. Eits, jangan salah sangka dulu. Opium Premium Brownis dan chocolate adalah nama toko kue yang menjaul bronies premium di Semarang.

Sesuai dengan nama dari kue ini, Brownies ini bikin kita ketagihan dan kecanduan karena rasanya yang lezat dan enak banget. Anda bisa mendapatkan langsung di Jl Jati Raya No. F 12 C Banyumanik / di Jalan Erlangga Barat 7 No. 6 Semarang. Harga yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari 25 ribuan.

Spekoek

Spekoek adalah sebuah nama kue tradisional bernama lapis legit. Kue yang berciri khas warna coklat dan kuning yang berlapis-lapis dan memiliki rasa legit sesuai namanya. Makanan ini di Semarang banyak sekali produsennya, Oleh karena itu banyak sekali varian baru dari kue lapis ini. Namanya adalah spekoek punding adalah punding dengan isian irisan spekoek.

Itulah tadi daftar kue khas dari semarang, Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.