Makan Malam Untuk Diet, Wajib Kamu Ketahui!!!

Makan Malam Untuk Diet-Menghindari makan malam merupakan cara yang paling sering dilakukan saat seseorang sedang menjalankan diet. Bahkan, makan malam sering dikaitkan dengan pola makan yang tidak sehat. Namun, apakah kamu tau bahwa membiarkan perut lapar di malam hari justru akan membuat Anda sulit untuk tidur. Lalu, apa saja makan malam untuk diet yang bisa Anda konsumsi?

Menu Makan Malam Untuk Diet

Sebelum menerangkan menu makan malam untuk diet, perlu Anda ketahui bahwa makan malam diangap sebagai salah satu waktu makan yang paling sering menyebabkan berat badan naik dengan cepat. Padahal, dengan memilih jenis, porsi, dan menu makan malam sehat, hal itu tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan.

Apalagi, jika menu makan malam yang Anda makan adalah menu yang tepat. Lalu, apa saja kah pilihan menu makan malam sehat untuk diet yang tidak menyebabkan Anda gemuk?

Pada dasarnya, meskipun anda sedang menjalankan diet, melewatkan waktu makan baik makan utama maupun camilan, bukanlah hal yang tepat. Kondisi ini justru menyebabkan diet rentan gagal, karena rasa lapar bisa menjadi semakin menjadi dan tidak terkontrol.

Apalagi, jika yang dilewatkan adalah waktu untuk makan malam, di mana saat makan malam merupakan waktu makan yang penting untuk menggantikan energi setelah seharian beraktivitas.

Nah, agar Anda tetap bisa makan malam tanpa takut dan khawatir bisa mengagalkan diet, berikut adalah beberapa tips memilih makan malam untuk diet, antara lain:

  • Perbanyak Makan Sayur & Buah

makan malam untuk diet

Makan malam untuk diet yang tidak boleh Anda lewatkan salah satunya adalah menambahkan sayur dan buah pada menu makan malam Anda. Sayur dan buah bisa memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan serat harian, sehingga energi dan kebutuhan gizi harian setelah seharian beraktivitas bisa kembali terpenuhi.

Berikut ini adalah beberapa makan malam untuk diet yang bisa Anda pilih, di antaranya:

1.Salat Sayur, Buah Dan Telur Rebus

makan malam untuk diet

Makan malam untuk diet yang direkomendasikan adalah konsumsi salad dari sayuran hijau,  alpukat, dan telur rebus. Agar lebih kaya protein, Anda bisa menambahkan kacang-kacangan.

Komposisi menu makan malam diet tersebut, merupakan menu makan malam yang praktis dan bergizi lengkap serta tidak memberikan asupan kalori yang berlebihan.

2. Daging Pangang Dan Jamur

Daging panggang adalah menu makanan berprotein yang rendah lemak. Menu makan malam untuk diet ini dapat dilengkapi asupan serat dan sayuran dengan menambahkan jamur atau brokoli.

Supaya lemak yang ada pada daging tidak berlebihan, usahakan memilih bagian daging yang rendah lemak. Daging rendah lemak dapat dicirikan dari tidak adanya serat putih pada daging.

3. Biji-bijian Atau Kacang-kacangan

makan malam untuk diet

Karbohidrat merupakan sumber energi utama pada tubuh. Karbohidrat yang baik sebagai menu makan malam untuk diet adalah yang terbuat dari kacangan-kacangan, biji-bijian, sayur dan buah. Sementara karbohidrat yang harus anda kurangi untuk makan malam adalah minuman bersoda, permen, keripik, kue manis dan nasi.

4. Tahu Dan Tempe

Menu makan malam diet yang mudah Anda dapatkan yaitu tahu dan tempe. Kedua makanan tersebut mengandung asupan protein dalam jumlah yang mencukupi asupan protein anda. Selain tahu dan tempe, protein juga bisa ditemukan pada keju, kedelai, dan daging unggas

Menu makan malam yang tinggi protein bisa menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan jika mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat.

5. Sup Daging Ayam Dan Sayuran

makan malam untuk diet

Mengonsumsi menu makan malam yang berkuah hangat tentu sesuatu yang sangat nikmat apalagi pada saat memasuki musim hijan. Makanlah menu sup yang berisi daging ayam tanpa kulit.

Jangan lupa tambahkan juga sayuran yang cocok untuk sup, seperti wortel, kubis, atau buncis agar menjadi makan malam yang tepat. Agar lebih rendah lemak, utamakan kaldu sup dibuat dari bahan baku makanan yang berasal dari tanaman dalam porsi yang lebih banyak, misalnya bawang.

6. Sup Daging Ayam Asparagus

Sebelum memasak sup ayam asparagus, panggang ayam terlebih dahulu dalam suhu 175 derajat Celcius selama kurang lebih 25 menit. Kemudian masukkan kuah ayam, quinoa, dan bayam ke dalam panci dan rebus selama 15 menit hingga mendidih.

Selanjutnya, Anda bisa mengukus asparagus, lalu campurkan dengan kecap dan parutan jahe. Sajikan asparagus sebagai tambahan sup. Dalam setengah cangkir asparagus kurang lebih terdapat 20 kalori.

7. Ikan Salmon, Sarden Dan Makarel

Beberapa ikan tersebut merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan tentunya menjadikannya makan malam diet yang tepat. Biasakan untuk memeakan setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu.

8. Capcay

Variasi makan malam berikutnya yang bisa Anda coba yaitu 140 gram salmon panggang ditaburi daun seledri dan bawang. Anda juga bisa menambahkan dengan 125 gram brokoli kukus, dan kacang almond. Setelah itu, Akhiri makan malam dengan minum susu tanpa mengandung lemak (250 ml).

9. Coklat Hitam

Jika Anda masih bingung menentuknya, Anda bisa mengonsumsi sepotong cokelat hitam. Selain menjadi makan malam yang baik, cokelat hitam juga membantu menangkal stres, di mana efek lanjutnya adalah mencegah Anda untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan.

  • Mengandung Protein Rendah Lemak

Anda bisa mengurangi makanan berkarbohidrat saat makan malam, namun makanan berprotein tetap harus menjadi menu makan malam. Protein adalah zat gizi yang penting untuk menggantikan sel tubuh yang rusak atau meregenerasi sel setelah seharian beraktivitas.

Agar makan malam diet tetap sehat, usahakan menu protein rendah lemak dan tidak mengolah makanan berprotein dengan cara digoreng. Pada dasarnya, makanan berlemak tidak harus selalu dihindari.

Tubuh juga memerlukan asupan lemak untuk menjaga struktur sel dan membantu jaringan tubuh berfungsi dengan baik, membantu tubuh menyerap vitamin dan menjaga sistem imun tubuh. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun sebagai pelengkap. Minyak zaitun merupakan sumber lemak yang sehat dan baik digunakan untuk menumis atau sebagai paduan salad.

Nah, itulah beberapa menu makan malam untuk diet yang bisa Anda terapkan. Hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan adalah beberapa pakar kesehatan merekomendasikan waktu makan malam terbaik adalah pukul 5-6 sore. Diwaktu tersebut anda memberikan kesempatan pada saluran pencernaan untuk memetabolisme dan menyerap makanan dengan baik.

jika diat anda bisa lebih maksimal dan aman sebaiknya konsultasikan dengan dokter gizi yang menguasai dibidangnya agar anda bisa lebi yakin dangan apayang anda lakukan.