Peraturan Permainan Bola Voli Yang Perlu Di Pelajari

 

Peraturan Permainan Bola Voli

Peraturan Permainan Bola Voli- Bola voli merupakan salah satu game yang memerlukan suatu regu ataupun tim agar dapat bermain. Berolahraga ini pada mulanya ditemukan oleh William Gram Morgan buat suatu organisasi yang dinamakan YMCA ataupun Young Men’ s Christian Association.

Sehabis ditemui oleh morgan, game bola voli mulai menyebar di segala penjuru dunia. Terdapat banyak pergantian yang terjalin dalam berolahraga bola voli, mulai dari jumlah pemainnya hingga ketentuan main itu sendiri.

Awalnya saat ditemui pertama kali game bola voli masih bernama mintonette. Kesimpulannya supaya membuat olahraga ini terus menjadi terkenal nama tersebut ditukar jadi volleyball.

Dengan digantinya nama tersebut, kesimpulannya game bola voli jadi terus menjadi populer di segala penjuru dunia lalu akhirnya masuk ke Indonesia. Nah untuk kamu penggemar game bola voli nyatanya telah ketahui menimpa seluk- beluk game yang satu ini.

Namun untuk kamu yang bisa jadi masih baru memahami olahraga bola voli pasti mau mengetahui lebih banyak seputar game bola voli mulai dari dimensi lapangan, jumlah pemain, hingga peraturannya. Berikut jumlah pemain bola voli dalam satu tim beserta letaknya:

Salah satu ketentuan yang terbuat oleh FIVB (Federation International De Volleyball) adalah jumlah pemain bola voli di mana dalam pertandingan internasional umumnya satu regu bola voli berjumlah 6 orang. Jumlah tersebut merupakan pemain yang masuk di lapangan, sebaliknya secara totalitas dalam satu regu bola voli umumnya memerlukan 12 orang pemain tercantum cadangan. Ini ialah jumlah standar dari pemain bola voli dalam satu tim.

Untuk dapat memahami pengertian bola voli, mari kita lihat pengertian bola voli menurut pendapat beberapa ahli, diantaranya :

1. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia( PBVSI)

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia ataupun disingkat PBVSI, menarangkan kalau penafsiran bola voli merupakan olah raga yang di mainkan oleh 2 regu dalam tiap lapangan dengan dipisahkan oleh suatu net.

Dengan ketentuan tiap regu mempunyai peluang 3 kali pantulan buat mengembalikan bola, serta bola melewati net serta jatuh memegang lantai lawan.

2. Mahfud Irsyada

Mahfud Irsyada menarangkan kalau penafsiran bola voli merupakan sesuatu tipe game olah raga beregu yang mengaitkan 2 regu, serta tiap- tiap regu bola voli mempunyai 6 orang pemain.

3. Aip Syaifudin serta Muhadi

Bagi Aip Syaifudin serta Muhadi menerangkan kalau penafsiran bola voli merupakan game olah raga yang dimainkan oleh 2 tim yang tiap- tiap tim terdiri dari 6 orang pemain.

Dimana tiap tim berupaya buat memukul jatuh bola ke dalam lapangan lawan lewat bagian atas net penghalang.

  • Peraturan Permainan Bola Voli

Dibawah ini merupakan sebagian peraturan dasar yang diresmikan oleh Federasi Bola Voli Internasional( FIVB) serta Persatuan Bola Voli Segala Indonesia( PBVSI). Antara lain mencakup:

1. Standar Lapangan

Standar lapangan bola voli merupakan 9 m x 18 m, dimana batasan serbu pemain balik berjarak 3 m dari garis tengah dengan garis tepi lapangan berdimensi 5 centimeter.

Sebaliknya tinggi net merupakan 2, 43 m buat putra serta 2, 24 m buat regu gadis, dengan lebar net 1 m serta jarak tiang net ke garis tepi lapangan sepanjang 0, 5– 1 m.

2. Standar Bola

Peraturan Permainan Bola Voli

Standar bola yang digunakan merupakan bola wajib dibuat dari bahan kulit lunak ataupun sintetis,

  • Diameter bola voly : 65 cm – 67 cm
  • Berat : 250 – 280 gram
  • Tekanan udara : 0,48 kg/cm2 – 0,52 kg/cm2
  • Jumlah jalur : 12 – 18 jalur.

3. Jumlah Pemain Tiap Tim

Peraturan Permainan Bola Voli

Dalam satu team yang terdaftar ada 10 pemain, dimana 6 orang merupakan pemain inti serta 4 orangnya pemain cadangan. 6 orang yang bermain telah tercantum 1 orang libero.

Libero merupakan pemain yang bisa keluar- masuk, namun tidak diperbolehkan buat melaksanakan smash. Batasan minimum pemain dalam satu team merupakan 4 orang, serta bila kurang dari 4 orang hingga regu tersebut dinyatakan kalah.

Dalam game bola voly pergeseran area pemainnya harus searah jarum jam. Jika salah satu regu penerima servis memenangkan permainan, maka semua pemain diberi hak untuk berpindah posisi caranya bergeser kearah jarum jam.

4. Sebagian tugas pemain bola voli

Dalam game bola voli pemain mempunyai tugas berbeda- beda bergantung dari letaknya. Berikut sebagian catatan tugas pemain bola voli lengkap beserta namanya:

Spiker

Dalam game bola voli kita memahami sebutan spiker ataupun orang yang ditugaskan buat melanda ataupun melaksanakan smash. Tidak hanya bagaikan penyerang, terkadang seseorang spiker pula berperan bagaikan defender yang itu maksudnya menahan serbuan lawan dengan metode melaksanakan block.

Pemain yang bertugas bagaikan spiker pasti wajib mempunyai besar tubuh yang sempurna dan keahlian yang baik dalam melanda. Seseorang spiker dalam game bola voli wajib kilat dan kokoh dalam memukul bola buat menciptakan smash yang tajam dan akurat.

Tosser

Bila dalam game sepak bola kita memahami sebutan playmaker buat pemain yang bertugas mengendalikan strategi, hingga di dalam game bola voli kia mempunyai tosser. Tosser merupakan pemain bola voli yang berperan bagaikan seseorang yang mengendalikan jalannya pertandingan.

Ia hendak membagikan komando kepada rekan- rekannya sekalian membagikan umpan yang manis kepada spiker yang nantinya hendak dikonversi jadi suatu smash. Pemain yang bertugas bagaikan tosser wajib pintar sekalian mempunyai akurasi umpan yang baik supaya mempermudah spiker buat melanda.

Libero

Bila kamu memandang terdapat satu orang pemain voli yang menggunakan pakaian berbeda diantara pemain yang lain hingga ia merupakan libero. Jumlah pemain bola voli yang berperan bagaikan libero dalam satu regu umumnya cuma satu orang saja.

Seseorang libero umumnya mempunyai besar tubuh yang sedikit lebih pendek diantara rekan setimnya. Walaupun demikian kamu jangan salah, posisi seseorang libero sangat berarti sekali dalam game bola voli.

Ia bertugas bagaikan penerima bola awal yang nantinya hendak diberikan kepada tosser. Bentuk badan badannya yang lebih pendek hendak membolehkan pemain ini buat lebih gampang dalam mengambil servis lawan.

Secara universal seseorang libero wajib mempunyai keahlian passing yang di atas rata- rata sebab tugasnya merupakan menerima bola awal dari servis lawan. Tidak hanya itu, seseorang libero terkadang pula wajib menahan smash dari pemain lawan dikala spiker tidak sanggup melaksanakan block di depan.

Pemain yang berperan bagaikan libero tidak diperkenankan buat melaksanakan smash di depan, jadi tugasnya cuma di garis pertahanan saja.

5. Ketentuan serta Larangan Universal Dalam Bola Voli

Peraturan Permainan Bola Voli

Peraturan Permainan Bola Voli, terdapat sebagian ketentuan serta larangan yang harus dipatuhi oleh para pemain, antara lain sebagai berikut:

  • Seragam regu wajib mempunyai no pemain, buat pakaian letaknya di punggung serta dada, sebaliknya pada celana pendek ada di bagian depan paha kanan.
  • Para pemain harus memakai kaos kaki serta sepatu karet yang cocok standar.
  • Saat pertandingan berjalan, pemain tidak diperbolehkan memegang net ataupun melewati batasan tengah lapangan, serta bila perihal tersebut dilanggar hingga regu lawan hendak memperoleh poin.
  • Servis dilakukan dari luar lapangan, tidak boleh pas ataupun melewati garis lapangan.
  • Bola tidak boleh dilempar ataupun ditangkap, cuma boleh dipantulkan dengan memakai tangan, kepala, ataupun kaki.
  • Bila bola terletak diluar lapangan namun blm menyentuh lantai, serta pemain masih sanggup memantulkan bola ke zona lapangan lawan hingga bola belum dinyatakan keluar.
  • Setiap regu di beri hak memainkan bola sebanyak-banyaknya 3 kali.
  • Ketika servis bola harus dilambungkan lebih baik terlebih dahulu. Bola dinyatakan masuk jika bola jatuh dalam daerah garis lapangan atau bola jatuh tepat pada garis lapangan.
  • Seorang pemain tidak boleh memainkan bola lebih dari satu kali secara berturut-turut
  • Regu yang melakukan servis jika memenangkan permainan berhak mendapat satu tambahan poin.
  • Sebaliknya, apabila tidak dapat mengembalikan bola maka poin untuk lawan.
  • Bola hidup berati mulai dipukulnya servis ball sampai bola menyentuh tanah.
  • Dalam pertandingan voli tidak terdapat batas pergantian pemain.
  • Tiap regu cuma boleh melaksanakan 1 kali timeout dalam tiap babak.
  • Merupakan suatu sistem pada permainan dimana setiap bola pertama diwakili oleh pemain yang diyakini dapat menjadi libero.
  • Pertandingan bisa dicoba sepanjang 3 babak( 2 kemenangan) ataupun 5 babak( 3 kemengangan).
  • Sistem perhitungan poin dalam game bola voli memakai sistem rally point dengan jumlah 25 poin. Bila terjalin poin seri 24- 24 hingga maka terjadi deuce ataupun bonus sampai terjalin selisih 2 poin.

Pelanggaran dalam game bola voli :

  • Pemain dengan terencana ataupun tidak terencana memegang jarring net dengan tangan.
  • Pemain tidak dinyatakan pelanggaran bila anggota badannya tidak hanya tangan memegang net dengan tidak disengaja. Misalnya waktu blocking dadaatau punggung memegang net secara tidak terencana.
  • Kedua kaki masuk kedalam wilayah lawan.
  • Pada pemain yang blocking kedua tangan ataupun salah satu tangan sangat masuk ke wilayah zona lawan.
  • Berdialog agresif ataupun mengumpat terhadap wasit ataupun juri.
  • Menegur wasit serta pembantu wasit.
  • Menerima petunjuk serta arahan dari luar lapangan sepanjang pertandingan.
  • Pemain pengaruhi wasit.
  • Meninggalkan lapangan pemain tidak izin.

Demikianlah uraian permainan bola voli, penafsiran, sejarah, peraturan, dan metode dasar bola voli. Mudah- mudahan postingan ini berguna serta berikan data yang diperlukan pembaca, paling utama pemain bola voli.

Baca juga : https://verina.id/