Permainan Bulu Tangkis Beserta Penjelasaanya

permainan bulu tangkis

Permainan Bulu Tangkis Berasal dari Negara? Apakah kalian gemar bermain bulu tangkis? Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga favorit masyarakat Indonesia. Bahkan, negara kita telah menjadi salah satu kekuatan bulutangkis dunia selama beberapa dekade.

Bulu tangkis adalah olahraga raket yang dimainkan di lapangan kotak persegi panjang. Permainan bulu tangkis dimulai dengan layanan untuk membuat aksi lebih memiliki lima disiplin ilmu, yaitu satu (putra / putri) dan ganda (putra / putri / campuran).

Dengan pemain tunggal bulu tangkis dapat melakukan layanan meluas diagonal area layanan. rapat umum dan kemudian melanjutkan di lapangan bersama dengan garis perbatasan wajah pertama.Sementara itu, pemain ganda berfungsi secara diagonal ke area pelayanan lebih pendek tapi lebih luas dari satu area layanan. Manifestasi lain dapat terjadi di semua bidang lapangan.

Sejarah Singkat Bulu Tangkis

Menurut BWF (Badminton World Federation), permainan bulu tangkis memiliki asal-usul tidak jelas. Shuttlecock (kok) dan raket. Namun, permainan didasarkan telah muncul di Cina, Jepang, India, Thailand dan Yunani lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

BWF juga bahwa antara 1856 dan 1859, permainan yang dikenal sebagai “raket dan shuttlecock ” mulai berkembang menjadi sebuah permainan bulutangkis modern di sebuah bangunan megah yang disebut “Badminton House” atau pembangunan bulutangkis pada saat itu adalah Duke real beaufort dalam bahasa Inggris.
Pada periode sekitarnya, mereka bermain game serupa di Poona (sekarang Pune), India. Kemudian kode etik bulu tangkis dibuat pada tahun 1877.

Tujuan dari raket dan shuttlecock bermain di rumah adalah untuk menjaga sisa-sisa shuttlecock di udara selama mungkin dengan memukul antara dua orang atau lebih.
Tidak jauh berbeda dari tujuan bulu tangkis modern, yaitu untuk menyelesaikan reli secepat mungkin untuk mendapatkan poin untuk memenangkan pertandingan melawan lawan.

Pada tahun 1893, Inggris membentuk Asosiasi Bulutangkis Inggris (Badminton Association of England – BAE) untuk mengelola dunia bulu tangkis. Pada akhir abad ke-19, tepatnya pada tahun 1899, BAE mulai turnamen bulutangkis pertama di dunia Championship Inggris Terbuka Badminton.

Sejauh ini, turnamen bulutangkis All England adalah salah satu yang paling penting dan bergengsi, serta mimpi untuk pemain bulutangkis profesional untuk bersaing di sana dan memenangkan kejuaraan.

Akhirnya, permainan bulutangkis  mulai berkembang di berbagai belahan dunia. Kemudian sejumlah negara di Eropa ditambah Kanada dan Selandia Baru membentuk Federasi Bulutangkis Dunia pada tahun 1934.
BWF sekarang berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia telah memiliki 194 anggota di seluruh dunia. BWF sendiri terus bekerja keras untuk membuat bulutangkis semakin diakui oleh warga dunia.

Tujuan Permainan Bulu Tangkis

salah satu tujuan badminton adalah untuk menghasilkan poin dengan:

  • mendarat roda di daerah lapangan lawan;
  • memaksa lawannya untuk memukul pengadilan shuttlecock;
  • memaksa lawan untuk memukul kemudi pada jaringan;
  • mencapai lawan dengan roda kemudi.

Peraturan dasar bulu tangkis

Peraturan dalam olahraga bulutangkis mudah untuk dipahami dan diterapkan. Berikut ini adalah deskripsi singkat tentang aturan dasar bulutangkis yang perlu Anda ketahui.

1. Sistem Evaluasi

Sebuah kompetisi bulutangkis di mayoritas terdiri 3 game dengan sistem 21 poin.

  • Setiap kali ada layanan – tidak ada poin yang dihasilkan.
  • Partai yang memenangkan reli untuk menambah poin untuk skor.
  • Jika setiap pemain atau pasangan bersama-sama mencetak 20 poin, kemudian sisi atas 2 poin pertama memenangkan permainan.
  • Jika setiap pemain atau pasangan bersama-sama mencetak 29 poin, maka sisi yang mencetak 30 poin memenangkan permainan.
  • Tim yang memenangkan permainan cadangan hak untuk melayani pertama pada game berikutnya.

2. Permainan Individu

  • Pada awal permainan (0-0) dan ketika penyervis skor (server) atau bahkan satu porsi orang, kemudian disajikan dari wilayah layanan ke kanan. Sebaliknya, ketika server mencetak aneh, kemudian menggunakan area layanan ke kiri.
  • Jika server menang rally, memiliki hak untuk mendapatkan poin dan kemudian melayani lagi dari daerah layanan alternatif.
  • Jika penerima layanan memenangkan reli, yang memiliki hak untuk mendapatkan poin dan menjadi server baru. Mereka melayani wilayah layanan yang sesuai – kiri jika nilai mereka aneh, dan benar jika skor bahkan.

3. Permainan ganda

  • Satu sisi hanya memiliki ‘layanan’.
  • Layanan diberikan secara berurutan pemain seperti yang ditunjukkan dalam diagram berikut.
  • Pada awal permainan dan ketika skor bahkan, server melakukan pelayanan wilayah layanan ke kanan. Ketika skor aneh, server melakukan pelayanan wilayah layanan ke kiri.
  • Jika beberapa (permainan ganda memiliki dua pemain di setiap sisi) yang berfungsi untuk memenangkan reli, maka mereka berhak atas poin yang sama dan server untuk melayani lagi dari pemadaman daerah layanan.
  • Jika pasangan menerima layanan memenangkan reli, maka mereka berhak untuk mendapatkan poin. Kemudian menjadi bagian dari layanan.
  • Para pemain tidak mengubah daerah layanan mereka masing-masing sampai mereka memenangkan suatu titik di mana mereka ditugaskan untuk melakukan layanan.

Perlengkapan dalam Permainan Bulu Tangkis

  1. Ukuran lapangan bulu tangkis badminton panjang = 13.40 m. Lebar = 06.10 m. Bentuk lapangan bulu tangkis = persegi panjang, dengan tebal tepi = 5 cm. Bahan lapangan bulutangkis: terbuat dari tanah atau pasir, terbuat dari beton atau genteng, terbuat dari papan kayu, tinggi net badminton berbahan sintetis, karpet = 1.55 m, Tepinya diberi pita dengan lebar 0.05 m dan lebar NET  0.75 m serta panjang jaring net 06:10.
  2. Raketnya terbuat dari bahan yang kuat, ringan, dapat seluruhnya terbuat dari kayu, kayu kepala bar logam, atau seluruhnya dari logam. Berat raket tidak kurang dari 150 gram. Raket memiliki jenis yang bermacam-macam diantaranya: Raket kepala berat (untuk hard jenis permainan), raket yang berat pegangannya (untuk pemain tipis jenis / fasad jaringan), raket berat seimbang ( bagi mereka pemain yang netral)
  3. Jenis senar yang digunakan dalam berbagai macam raket : senar yang terbuat dari casing hewan (babi) lentingan yang sangat baik dan mudah pecah, string terbuat dari Nil lentingan yang baik setiap saat istirahat, senar yang terbuat dari tali plastik lentingan kurang cukup baik dan kuat.
  4. Kok permainan bulutangkus. Kok dibungkus dengan lapisan tipis kulit yang kuat, sedangkan bulu dari bulu bebek, ayam, angsa yang jarang digunakan. Ukuran kok antara lain panjang shuttlecock (kok) = 60 x 70 mm diameter gabus = 25-28 mm. Jumlah bulu shuttlecock (kok) = 14-16 untai. Berat roda kok = 4,73-5,5 g diameter= 54 mm.

Jenis-Jenis Pukulan Pada Permainan Bulu Tangkis

  1. forehand : Anda dapat melakukannya biasanya disebut dengan service. Dilakukan ketika bola membentur tangan kanannya di sisi kanan.
  2. backhand : sama dengan forehand. Jika tangan pertama membuat ketika sisi arah bola backhand mendekatinya di sisi kanan setinggi pinggang, maka ketika bola disamping kiri.
  3. Service: Ada dua jenis pukulan service yaitu service tinggi dilakukan dengan forehand dan pukulan service singkat dilakukan dengan forehand atau backhand
  4. Pukulan atas kepala : dilakukan dengan forehand atau backhand, ada tiga macam pukulan yaitu, drop shot, smash dan lop.
  5. Pukulan dari bawah: LOB dilakukan agar bola memantul kembali ke bidang lawan.
  6. Pukulan Lurus : munculnya bola dilakukan jika datangnya kok sejajar dengan net.

Skoring dalam perma

Berdasar pada situs BWF, mengikuti sistem akuisisi scoring dalam olahraga bulutangkis:

  • Sebuah permainan dapat terdiri dari 3 set 21 poin dan pemenangnya adalah partai yang menang dua game.
  • setiap kali mereka service – adalah mungkin untuk mencetak poin.
  • Rally menang segera mendapatkan poin atau imbang dari 20 poin, 2 poin diperoleh bagian kemenangan pertama permainan.
  • Di poin seimbang 29 poin di titik-30 kemenangan mencetak permainan.
  • atau pihak memenangi set pertama pada servisnya pada game berikutnya.

Interval dan perubahan sisi

  • Ketika skor atau bantalan mencapai 11 poin, pemain memiliki selang waktu 60 detik.
  • Atau dibiarkan selama 2 menit antara setiap set.
  • Pada game ketiga, pemain mengubah posisi ketika skor mencapai 11 poin terkemuka.

ORGANISASI BULU TANGKIS

A. Organisasi Permainan Bulutangkis Dunia

permainan bulu tangkis
Di organisasi bulu tangkis dunia adalah BWF (Badminton World Federation) dan asosiasi diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) sebagai badan dunia untuk olahraga bulu tangkis. BWF diberdayakan oleh 179 anggota IOC untuk mengatur olahraga bulutangkis di seluruh dunia.

Tujuan utama dari BWF adalah untuk mengatur, mempromosikan, mengelola dan mengembangkan seluruh dunia olahraga. Ini hanya dapat dicapai dalam kerjasama dengan berbagai pihak, yang paling penting adalah anggota BWF, lima Konfederasi Continential dan mitra komersial dan BWF Media.

BWF berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia.
Amoda Building, Unit 17.05, Lantai 17
Jalan Imbi 22, 55100 Kuala Lumpur

B. Organisasi Badminton Indonesia

 

permainan bulu tangkis
Di Indonesia, organisasi bulutangkis resmi PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia). PBSI didirikan pada tahun 1951 di Bandung. ketua PBSI  periode saat ini adalah Gita Wiryawan (2012-2016).

markas PBSI
Jl. PBSI Pelatnas Ex / kabupaten. Cipayung, Jakarta Timur 13840 – Indonesia
E-mail: admin@pb-pbsi.org

TINGKAT Kejuaraan Bulutangkis KELAS DUNIA
BWF Badminton jenis membagi dunia ke dalam beberapa tingkatan, baik di kejuaraan individu dan BWF kejuaraan.
kejuaraan BWF.

Yang dimaksud dengan kejuaraan BWF Kejuaraan Bulutangkis adalah kelas dunia dipegang oleh BWF. BWF menunjuk host yang akan menjadi tuan rumah untuk kejuaraan BWF atau Komite Olimpiade Internasional untuk pelaksanaan bulutangkis di Olimpiade.

Berikut adalah BWF Kejuaraan Bulutangkis.

  1. Kejuaraan dunia

Kejuaraan Dunia pertama kali diadakan tahun 1977 dan mulai tahun 1985 dan 2005, kejuaraan dunia diadakan setiap dua tahun. Dari tahun 2006 sampai sekarang, BWF membuat kejuaraan dunia diadakan setiap tahun. Namun, setiap empat tahun, jika Olimpiade diadakan pada tahun itu, Kejuaraan Dunia BWF Badminton tidak dijalankan. Berita untuk warga Indonesia yang pada tahun 2015, Jakarta (Indonesia) ditunjuk untuk mengatur BWF Badminton World Championship.

2. Kejuaraan Pemuda Dunia

Dengan cara yang sama kejuaraan dunia junior kejuaraan BWF bulu tangkis dunia kategori junior dunia yang paling bergengsi karena perjuangan untuk judul pemain junior terbaik di dunia di bawah 19 tahun.

3. Selanjutnya Piala Thomas

Piala Thomas adalah kejuaraan bulu tangkis internasional untuk kategori tim putra yang diadakan setiap dua tahun sekali. Setiap tim / negara yang mengikuti Piala Thomas terdiri dari lima kategori (3 single, 2 pasangan). Dalam permainan, negara-negara peserta telah memenangkan tiga pertandingan.Lima kategori yang persis apa yang keluar sebagai pemenang.

Indonesia sendiri memiliki 13 kali merasakan gelar Piala Thomas, diikuti oleh China dengan 9 kali gelar Piala Thomas dan Malaysia memenangkan gelar lima kali. Namun, dari 2004-2012, China selalu muncul sebagai juara di Piala Thomas. Indonesia sendiri adalah makna tertinggi dari gelar Piala Thomas pada tahun 2002.

4. Piala Uber

Di Piala seperti Thomas, Piala Uber adalah tim bulutangkis kejuaaran internasional, tetapi khusus untuk tim wanita. Thomas dan Uber Cup selalu terjadi secara bersamaan dalam suatu organisasi dari kejuaraan yang diadakan setiap dua tahun.

Pada pertandingan Piala Uber, setiap negara peserta akan memainkan games Kategori 5 (3 single, 2 ganda), serta partai Piala Thomas. Cina adalah negara dengan koleksi terbesar juara Piala Uber, hingga 11 kali, diikuti oleh Jepang memenangkan Piala Uber 5 kali, serta Indonesia dan Amerika Serikat memenangkan Piala Uber 3 kali dan Korea Selatan setelah memiliki memenangkan Piala Uber. Dari 1998-2012, China tidak hanya sekali memenangkan kejuaraan Piala Uber setelah kalah di Korea Selatan bagian atas kiri pada tahun 2010.

5. Piala Sudirman

Piala Sudirman adalah tim campuran kejuaraan bulu tangkis internasional kategori dunia 5 pertandingan, secara individual single laki-laki / pria, tunggal putri, ganda putra, ganda wanita dan ganda campuran perempuan . Sebuah Seperti Piala Thomas-Uber, Piala Sudirman diadakan setiap dua tahun.

Pertama, Piala Sudirman yang digelar di Gelora Bung Karno pada tahun 1989. Pada 2015, kota Dongguan, China akan menjadi tuan rumah Piala Sudirman. Indonesia, setelah diuji gelar Piala Sudirman pada tahun 1989, tapi karena 1991-2013, China dan Korea Selatan menjadi juara di kejuaraan Piala Sudirman.

Korea Selatan memenangkan Piala Sudirman 3 kali dan Sudirman Cup Cina memenangkan 9 kali. Dari 1995-2013, China hanya sekali gagal menang Piala Sudirman setelah kalah Korea Selatan pada tahun 2003.

6. Power Olimpiade Olahraga Bulutangkis

Badminton diresmikan menjadi olahraga di Olimpiade sejak tahun 1992 di Barcelona, Spanyol. Dalam tesebut, Susi Susanti dan Alan Budikusuma meraih medali emas untuk Indonesia. Setiap berkompetisi di Olimpiade sejak tahun 1992, Indonesia hampir selalu memenangkan medali emas dalam hal ini dan tampaknya telah menjadi pilar cuci emas Olimpiade Indonesia. Tapi sayangnya untuk Olimpiade 2012, tidak ada cuci Indonesia emas Olimpiade celaka.
kejuaraan individual

International Badminton Championship diselenggarakan secara individual oleh masing-masing negara anggota di mana kejuaraan divisi BWF  di berbagai tingkatan. Di semua tingkat, ada nomor yang berbeda dari poin yang diterima oleh rank peringkat dunia dan jumlah total penghargaan dalam kejuaraan.

Berikut adalah kejuaraan bulu tangkis internasional individu.

  1. Event BWF
    Kejuaraan ini merupakan kejuaraan yang diselenggarakan oleh BWF. Contoh kejuaraan ini adalah Kejuaraan Dunia BWF
  2. Premiere Super Series
    International Badminton Championship kelas / tingkat Super Premiere Series merupakan internasional kejuaraan bulu tangkis enam bintang membentuk individu. Premier untuk tingkat Super Series, hanya ada lima kejuaraan yang memiliki status sebagai super series premier bulu tangkis internasional, yaitu, Indonesia, Open, Malaysia Terbuka, Denmark Terbuka, China Terbuka dan All England Terbuka.
  3. Super Series
    Badminton adalah bulu tangkis Kejuaraan setara internasional dari lima bintang. Super Badminton International Series adalah keadaan Korea Terbuka, India Terbuka, Singapore Open, Jepang Terbuka, Prancis Terbuka, Australia Terbuka dan Hong Kong Terbuka.
  4. Grand Prix Gold
    GP Emas adalah kelas kejuaraan bulu tangkis internasional empat bintang. Termasuk kejuaraan internasional Grand Prix Gold Badminton India Grand Prix Gold, Indonesia Grand Prix Gold Championship Jerman Badminton, Badminton Swiss Terbuka Grand Prix Gold Malaysia, China Masters – BWF Grand Prix Gold, Thailand terbuka, AS terbuka, China Taipei Terbuka, dan London GP emas.
  5. Grand big
    Grand Prix Badminton Championship bulu tangkis kelas tiga bintang. Contoh ini adalah Open Championship Grand Prix Selandia Baru, Kanada, Buka, Buka Rusia, Grand Prix Brasil, Vietnam, Open, Belanda Terbuka dan Skotlandia Terbuka.
  6. Tantangan Internasional
    Kejuaraan Tantangan International adalah salah satu kejuaraan bulu tangkis internasional. Contoh tantangan ini adalah kejuaraan internasional Swedia Guru, Iran Fajr International Challenge, Polandia Terbuka, Perancis Terbuka International Challenge Kazakhstan dan Maladewa International Badminton Challenge.
  7. Seri Internasional
    ALCS International adalah kejuaraan bulu tangkis internasional termasuk dalam kalender BWF. seri kejuaraan internasional sampel adalah Estonia Internasional, Islandia Internasional, Uganda International, Kroasia, Argentina dan Venezuela International International.
  8. Futures series
    Seri masa depan adalah kejuaraan bulu tangkis internasional dengan kelas terendah dalam dunia bulutangkis profesional. Contoh masa depan seri kejuaraan adalah Riga, Lithuania dan Slovakia International Open.

PERHITUNGAN POIN DAN Internasional Badminton Championships Hadiah

Untuk peringkat pemain terbaik di dunia setiap BWF membuat beberapa kriteria perhitungan. Berikut ini adalah poin perhitungan Terbaik (berdasarkan BWF website) atau mendapatkan poin per game dalam evaluasi turnamen berdasarkan tingkat / Status

  • Dalam peringkat jika mereka telah bermain di dua atau lebih turnamen berdasarkan status turnamen di tahun lalu
  • atau mendapatkan poin untuk bermain dan memenangkan permainan turnamen
  • lebih tinggi dari tingkat turnamen, semakin banyak poin yang mencapai
  • Can Kejuaraan Dunia dan Olimpiade Kejuaraan Dunia Bulutangkis / Badminton berdasarkan peringkat dunia
    Bulutangkis.com situs berbasis, dasar perhitungan untuk menghitung poin atlet bulu tangkis peringkat dunia berdasarkan poin-poin berikut:
    1. Poin dihitung hanya dari turnamen tahun lalu.
    2. Jika Anda bermain lebih dari 10 turnamen, kemudian menghitung poin Anda hanya mengambil 10 dari yang terbaik diikuti.
    3. Jika Anda bermain kurang dari 10 poin turnamen tercapai maka semua masuk persamaan.
    4. Partai turnamen tim juga termasuk dalam perhitungan peringkat.
    5. Jika tidak ada turnamen tim lebih dari sekali diikuti, hanya satu pemain dari turnamen dengan skor tertinggi disertakan.
    6. Jika pemain mendapatkan BYE di Round 1 (R1) dan kalah di Round 2 (R2), poin dihitung adalah poin diberikan untuk R1.
    7. Jika Anda mendapatkan BYE di R1, sapi di R2, R3 dan hilang, maka poin dihitung adalah poin diberikan untuk R3.
    8. Jika keuntungan dalam WO R1, R2 kemudian hilang, titik dicapai dalam R2.
    9. Jika gain BYE R1, R2 WO menang, kalah pada poin yang diterima R3 adalah titik di R3.
    10. Dalam hal grade 3 dan 4 jika pemain menang Wild Card, namun kalah segera, maka atlet tidak menang poin.
    11. Tambahan Atlet (pasangan) akan mendapatkan poin jika peserta di babak kedua turnamen, dan arahkan ke turnamen berikutnya akan disimpan

 

Demikian tadi penjelasan mengenai permainan bulu tangkis berasal dari mana?, dan tambahan yang berhubungan dengan permainan bulu tangkis. Semoga dapat memecahkan masalah pertanyaan Anda.

Baca juga Tujuan permainan sepak bola