Pola Rok Setengah Lingkar Sederhana Dan Mewah

Rok setengah lingkaran ini juga byasa disebut dengan rok klok, rok ini di gunting dari kain yang lipat dua dan akan menjadi sebuah rok yang melebar pada bagian bawahnya, untuk membuat pola rok setengah lingkar kita membutuhkan dua ukuran badan yaitu ukuran lingkar pinggang dan panjang dari rok tersebut, sedangkan lingkar pinggul tidak perlu di ukur karena dengan bentuknya yang melebar ke bawah bisa menyesuaikan ukuran dari lingkar pinggul.

baca juga : Atasan Untuk Rok Plisket. Berikut Rekomendasinya

Rok setengah lingkaran bisa di gunakan saat santai ataupun untuk acara resmi, tergantung jenis kain dan variasi yang di pasang pada nya, jika kita menggunakan bahan kain jatuhan atau bahan yang lemas, semacam kain tisu, sutera, satin dan yang sejenis itu, maka bentuknya akan lebih bagus jika di bandingkan dengan menggunakan bahan kain yang tebal keras dan kaku.

Berbeda dengan rok payung yang terbuat dari pola satu lingkaran penuh dan tidak ada sambungan, maka pola setengah lingkaran mempunyai satu buah sambungan yaitu di bagian sisi kain, bisa di bagian kain yang memanjang, ataupun bagian kain yang melebar, jika sambungannya lebih dari satu maka bukan rok setengah lingkaran namanya tapi rok pias, dan untuk bentuk dari pola rok setengah lingkar ini sendiri adalah seperti berikut:

Pola Rok Setengah Lingkar

 

Keterangan untuk gambar di atas adalah sebagai berikut:

A-B = A-C             : 1/3 lingkar pinggang – 1

B-D = B-E              : panjang rok

Untuk menjahit rok ini bisa menggunakan resleting biasa di bagian belakangnya, baik itu resleting biasa maupun resleting jepang, untuk lingkar pinggang juga bisa menggunakan ban pinggang dengan kain keras ataupun dengan di berikan karet elastik baik setengah maupun seluruh nya. Sementara di bagian ujung bawah rok, bisa kita jahit kelim seperti biasa ataupun dengan di neci, jika untuk rok anak anak bisa kita berikan variasi berupa bunga-bunga, renda, pita maupun bisban agar terlihat lebih bagus.

Saat ini banyak yang menggunakannya adalah wanita muslimah, sehingga penggunaan rok ini di padu padankan dengan atasan baju muslim lengan panjang agar lebih serasi. namun jenis pakaian lain pun bisa saja di pasangkan dengan rok ini, sesuai dengan keinginan pengguna nya.

Rok ini akan menjadi terasa berat jika menggunakan bahan kain yang tebal semacam bahan denim, apalagi jika di tambah dengan banyak potongan dan penggunaan vuring di bagian dalamnya, ini karena pola rok yang melebar sehingga bahan yang di gunakan menjadi lebih banyak. Apalagi jika sedang basah pasti lebih berat lagi.

apabila Anda ingin membuat rok ini, maka harus memperhatikan ukuran panjang rok nya, dan juga lingkar pinggang, sebagai contoh,  jika panjang rok adalah 90 cm maka panjang kain yang di butuhkan adalah 2 meter, ini karena pola tersebut harus di buat dari kain yang di lipat menjadi dua.

Sedangkan untuk model rok dan variasinya bisa Anda lihat dan cari di majalah, tabloid dan juga laman web, yang jelas biarpun modelnya bagus dan unik, itu hanya permainan pecah pola dan tambahan ini itu, namun tetap saja pola dasar dari rok setengah lingkaran adalah seperti yang sudah saya berikan di atas, jadi tidak usah bingung.

Sekiranya cukup sekian untuk artikel saya kali ini, selamat mencoba dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya.